Assari, Rosalia Sarry (2019) Improving students' writing quality in English by using the 7th minute writing technique / Rosalia Sarry Assari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
viii RINGKASAN Assari Rosalia Sarry.2018. Memperbaiki Kualitas Menulis Siswa dalam Bahasa Inggris dengan Menggunakan Teknik Menulis 7-menit. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharyadi M.Pd. (II) Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D. Kata kunci Kualitas Menulis Teknik Menulis 7-menit. Menurut K-13 kemmapuan berbahasa mencakup empat aspek yaitu listening (mendengarkan) speaking (berbicara) reading (memebaca) and writing (Menulis). Aspek-aspek tersebut tidak mudah dilakukan bagi sebagian siswa khususnya dalam bidang menulis (writing). Dalam pembelajaran Bahasa Inggris menulis (writing) adalah suatu skill yang sering digunakan yang harus dikuasai oleh siswa. Bahkan banyak ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai writing. Dalam upaya membantu siswa dalam menguasai bidang menulis (writing) guru harus mengajar siswa dengan teknik atau strategy pembelajaran yang tepat. Meski banyak penelitian mengenai kesulitan siswa dalam menulis namun ini masih menjadi perhatian dalam bidang EFL. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa kelas sepuluh di SMKN 3 Malang untuk memperbaiki kualitas menulis mereka dalam menulis descriptive teks. Sebanyak 29 siswa dari kelas Administrasi Perhotelan (APH) 1 terlibat dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik menulis 7-menit sebagai strategi untu memperbaiki kualitas menulis siswa. Kualitas itu sendiri mencakup lima aspek yaitu isi (content) organisasi (organization) tata bahasa (grammar) kosakata (vocabulary) dan mekanisme penulisan (mechanics). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi tugas menulis dan rubrik penilaian. Instrument penelitian telah divalidasi oleh pakar. Ada beberapa tahap dalam menggunakan teknik menulis 7-menit. Pertama guru mengajar materi pembelajaran yang telah disiapkan pada hari tersebut. Kedua sebelum mengakhiri pembelajaran guru memberi tugas writing dengan topik yang telah ditentukan oleh guru. Ketiga siswa diminta untuk mengerjakan tugas menulis secara individual. Dalam proses menulis ini siswa diberi waktu 30 menit untuk mebuat draft dari tulisan mereka. Setelah 30 menit berlalu guru meminta siswa untuk melengkapi dan menyelesaikan draft tulisannya dengan menggunakan teknik menulis 7-menit yakni mereka harus menyelesaikan dan melengkapi tulisannya dalam 7 menit. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis siswa meningkat di setiap pertemuan. Nilai rata-rata siswa dalam kegiatan menulis 1 adalah 70.7 di kegiatan menulis 2 adalah 75 di kegiatan menulis 3 adalah 80.3. nilai rata-rata siswa dari pertemuan 1 ke pertemuan 3 meningkat sampat 10 poin bahkan lebih. Dalam tugas menulis terakhir yaitu di kegiatan menulis 3 3.4% atau ix 1 dari 29 siswa berhasil memperoleh predikat Sempurna (91-100). 6.8% atau 2 dari 29 siswa memperoleh predikat Sangat Baik (81-90). 89.6% atau 26 dari 29 siswa memperoleh predikat Baik (71-80) 3 diantaranya menperoleh nilai 75 dan 23 orang sisanya memperoleh nilai 80. Hal ini membuktikan bahwa nilai menulis siswa meningkat secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik menulis 7 menit sangat effective untuk membantu memperbaiki kualitas menulis siswa dari segi isi (content) organisasi (organization) tata Bahasa (grammar) kosakata (vocabulary) dan mekanisme penulisan (mechanics) khususnya dalam menulis teks deskriptif. Selain itu beberapa saran ditujukan kepada guru Bahasa Inggris dan peneliti yang akan datang. Untuk para guru bahasa Inggris mereka dapat memodifikasi strategi pembelajaran dalam mengajar keterampilan menulis dengan menggunakan teknik menulis 7-menit. Untuk para peneliti selanjutnya jika mereka ingin menggunakan teknik menulis 7-menit sebagai strategy dalam mengajar keterampilan menulis dan mengembangkannya mereka dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Mar 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10481 |
Actions (login required)
View Item |