Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Bandungrejosari III Malang / Ria Erlinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Bandungrejosari III Malang / Ria Erlinda

Erlinda, Ria (2013) Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Bandungrejosari III Malang / Ria Erlinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Erlinda Ria. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Bandungrejosari 3 Malang. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Murtiningsih M.Pd (II) Drs. H. Sutarno M.Pd Kata Kunci model pembelajaran make a match aktivitas belajar hasil belajar Berdasarkan hasil observasi awal siswa kelas V SDN Bandungrejosari 3 Malang ditemukan beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajah yaitu (1) pembelajaran IPS masih menggunakan metode konvensional (2) kurangnya keinginana siswa untuk belajar (3) kebosanan yang dihadapi siswa dalam belajar (4) nilai yang diperoleh siswa masih rendah. Untuk itu perlu diadakannya perbaikan dalam hal model pembelajaran. Model pembelajaran make a match merupakan suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan kartu jawaban maupun soal yang dipegangnya sebelum batas waktu yang ditentukan. Model ini membutuhkan kerjasama dengan teman lainnya sehingga mampu menciptakan suasana belajar aktif dan menyenangkan. Pelaksanaan kegiatan ini memerlukan bimbingan dari guru. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi refleksi dan rencana perbaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bandungrejosari 3 Malang. Instrumen yang digunakan adalah observasi wawancara tes dan dokumentasi. Model make a match terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Masing-masing siswa berlomba untuk mendapatkan pasangan kartu yang dipegangnya. Siswa saling bekerjasama menyelesaikan tugas masing-masing. Aktivitas dan hasil belajara siswa menjadi meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Bandungrejosari 3 Malang. Perolehan rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 68 ke siklus II sebesar 83 terjadi peningkatan sebesar 45 5%. Hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus I sebesar 67 ke siklus II sebesar 87 terjadi peningkatan sebesar 36 5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Bandungrejosari 3 Malang. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu agar model pembelajaran make a match ini tetap diterapkan oleh guru dalam kegiatan mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104801

Actions (login required)

View Item View Item