Prayitno, Widiana Ruberti (2013) Pengembangan modul pembelajaran Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) untuk kelas IV sekolah dasar / Widiana Ruberti Prayitno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan modul pembelajaran KPK dan FPB Pembelajaran matematika merupakan proses interaksi antara siswa dan guru yang melibatkan unsur-unsur dari matematika yang dipilih berorientasi pada pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Materi KPK dan FPB sesuai dengan pedoman buku cetak matematika yang dimiliki guru belum menunjukkan sifat hirarkis belajar matematika sepenuhnya. Arti hirarkis yaitu materi yang disampaikan meloncat-loncat seperti setelah mempelajari faktor langsung kelipatan persekutuan kemudian baru faktor persekutuan. Materi yang disusun tidak hirarkis menjadi alasan peneliti mengembangkan modul. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan prototipe berupa modul pembelajaran untuk kelas IV Sekolah Dasar yang efektif efisien dan menarik. Pengembangan modul disusun berdasarkan kebutuhan serta karakteristik siswa dengan sistem Mastery Learning (belajar tuntas). Modul yang dikembangkan berupa modul bagian yaitu Petunjuk Guru Petunjuk Siswa Lembar Kerja Siswa Kunci Jawaban Lembar Kerja Lembar Penilaian Kunci Jawaban Penilaian. Data yang diperoleh dari uji coba produk pengembangan modul berupa data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif dari (a) uji ahli materi (b) uji ahli media (c) uji ahli siswa (d) uji perseorangan (e) uji kelompok kecil (f) uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan tes (post test dan pre test bagi siswa). Berdasarkan analisis data diperoleh data kuantitatif dan kualitatif setiap masukan dan revisi dari subjek uji coba produk. Data dari angket tertutup yang diberikan kepada seluruh subjek uji coba menunjukkan bahwa produk modul telah tervalidasi dengan rata-rata presentase 91%. Data dari hasil post test modul hasil pengembangan layak digunakan dalam pembelajaran matematika karena nilai rata-rata mencapai nilai 84 dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan modul hasil pengembangan mampu mencapai nilai KKM (nilai 75). Secara garis besar data kualitatif berdasarkan saran dari ahli dan siswa yaitu modul lebih dilengkapi dengan gambar atau pujian dan kalimat dalam modul lebih mudah dibaca siswa agar siswa lebih termotivasi belajar materi KPK dan FPB untuk siswa kelas 4 SD. Produk pengembangan modul memiliki kelebihan dari segi kelengkapan modul bagian kemudahan penggunaan yang dilengkapi dengan kode setiap materi dan dapat dijadikan sebagai portofolio. Kelemahan produk modul dari segi penjilidan yang dijilid secara terpisah. Setiap bagian modul khususnya bagi siswa perlu hati-hati dalam penyimpanannya agar kondisinya tidak cepat rusak dan tidak hilang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104799 |
Actions (login required)
View Item |