Pengembangan powerpoint interaktif dengan model assure mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang kelas V sekolah dasar / Isvanda Putra Babar Aquasayoka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan powerpoint interaktif dengan model assure mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang kelas V sekolah dasar / Isvanda Putra Babar Aquasayoka

Aquasayoka, Isvanda Putra Babar (2013) Pengembangan powerpoint interaktif dengan model assure mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang kelas V sekolah dasar / Isvanda Putra Babar Aquasayoka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan powerpoint interaktif model ASSURE IPS kelas V Mata pelajaran IPS telah dikenal sebagai mata pelajaran dengan banyak hafalan hal tersebut mengakibatkan siswa menjadi malas mempelajari materi. Oleh karena itu diperlukan usaha yang membuat pembelajaran menarik bagi siswa salah satunya yaitu menggunakan media Powerpoint Interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Powerpoint Interaktif dengan model ASSURE mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar materi perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang yang layak menurut tim ahli calon pengguna (guru) dan uji coba kelompok skala terbatas (siswa kelas V). Penelitian ini menggunakan model ASSURE yang terdiri dari enam langkah yaitu (1) Analyze Learner (2) State Standards and Objectives (3) Select Strategies Technology Media and Materials (4) Utilize Technology Media and Materials (5) Require Learner Parcipation dan (6) Evaluate and Revise. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil validasi berupa kritik dan saran perbaikan dari validator sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil pengisian kuesioner berupa skor penilaian produk dengan Rating Scale. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner terbuka dan tertutup. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dari ahli media diperoleh skor 176 dari skor maksimal 212 atau memiliki persentase sebesar 83 02% (valid dan dapat digunakan tanpa revisi). Dari ahli pembelajaran IPS diperoleh skor 88 dari skor maksimal 112 atau memiliki persentase sebesar 78 57% (valid dan dapat digunakan tanpa revisi). Dari calon pengguna (guru) diperoleh skor 47 dari skor maksimal 48 atau memiliki persentase sebesar 98% (valid dan dapat digunakan tanpa revisi). Dari hasil uji coba kelompok skala terbatas (16 siswa) diperoleh skor 494 dari skor maksimal 640 atau memiliki persentase sebesar 77 19% (valid dan dapat digunakan tanpa revisi). Berdasarkan hasil pengembangan dan validasi ahli media ahli pembelajaran IPS calon pengguna dan hasil uji coba kelompok skala terbatas maka dapat disimpulkan bahwa media Powerpoint Interaktif termasuk dalam kualifikasi valid dan dapat dipergunakan tanpa revisi. Sehingga dapat disarankan untuk dimanfaatkan oleh semua pihak yang membutuhkan sebagai salah satu media pembelajaran IPS SD atau pengguna disarankan untuk membuat media ini dalam mata pelajaran dan materi pembelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104787

Actions (login required)

View Item View Item