Penerapan model Learning Cycle (LC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Bloro Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo / Fitriana Dwi Kartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Learning Cycle (LC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Bloro Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo / Fitriana Dwi Kartika

Kartika, Fitriana Dwi (2013) Penerapan model Learning Cycle (LC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Bloro Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo / Fitriana Dwi Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model Learning Cycle (LC) aktivitas siswa hasil belajar siswa Dalam pembelajaran IPA yang dilaksanakan di SDN 2 Bloro aktivitas siswa terbatas pada mencatat mendengarkan dan menjawab soal latihan. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa belum bisa berperan secara aktif dan hasil belajar siswa yang dicapai belum optimal. Untuk mengatasi hal itu diterapkan model Learning Cycle (LC) pada pembelajaran IPA. Model Learning Cycle (LC) adalah model pembelajaran yang memotivasi siswa belajar secara mandiri untuk menemukan konsep melalui pengalaman nyata. Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan penerapan model Learning Cycle (LC) dalam kegiatan pembelajaran IPA mendeskripsikan aktivitas siswa selama diterapkan model Learning Cycle (LC) dalam pembelajaran IPA mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkan model Learning Cycle (LC) dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Bloro yang dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 23 Maret 2013. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Dari hasil observasi dan kajian dokumentasi aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Aktivitas siswa pada pra tindakan menunjukkan terdapat 10 siswa yang aktif pada siklus I terdapat 20 siswa aktif. Siklus II terdapat 27 siswa yang aktif. Hasil belajar siswa pada pra tindakan mendapat nilai rata-rata 56 89 dengan 8 siswa tuntas siklus I mencapai rata-rata 57 34 dengan 11 siswa (37 93%) dari 29 siswa tuntas. Pada siklus II hasil belajar siswa mencapai rata-rata 79 04 dengan 22 siswa (75 86%) dari 29 siswa dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa model pembelajaran Learning Cycle (LC) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V khususnya pada materi Energi dan Perubahannya (Gaya Gravitasi Gaya Gesek dan Gaya Magnet). Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru kelas V agar menggunakan model Learning Cycle (LC) dalam pembelajaran IPA. Selain dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar model Learning Cycle (LC) juga memandirikan siswa dalam kegiatan belajar dengan mencari tahu dan menerapkan konsep sendiri dengan anggota kelompok kecil sehingga pembelajaran yang dilaksanakan lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104783

Actions (login required)

View Item View Item