Nalynda, Dior Ali Etha (2013) Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS SDN Sumberpetung 01 Kabupaten Malang / Dior Ali Etha Nalynda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Model Student Team Achivement Division Aktivitas Hasil Belajar IPS. Model Student Team Achivement Division merupakan model pembelajaran yang menciptakan partisipasi dan aktivitas siswa untuk menemukan sendiri konsep/materi dalam bentuk kelompok. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan sebelum melaksanakan penelitian diperoleh informasi bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan siswa belum terlatih menemukan sendiri konsep-konsep baru. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi rata-ratanya hanya 63 sedangkan kriteria ketuntasan minimal yang harus dicapai yaitu 70. Untuk mengatasi hal itu maka peneliti menerapkan model Student Team Achivement Division (STAD) untuk meningkatkan pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan model Student Team Achivement Division pada pembelajaran IPS di kelas IV (2) Peningkatan aktivitas siswa selama penerapan model Student Team Achivement Division (3) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Student Team Achivement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data penerapan model Student Team Achivement Division (STAD) dan aktivitas siswa dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi serta tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data berupa angka sebagai pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penerapan model Student Team Achivement Division telah dilaksanakan guru sesuai dengan tahap-tahap model Student Team Achivement Division (2) Peningkatan aktivitas siswa selama berlangsungnya pembelajaran IPS hal ini dapat dilihat rata-rata perolehan persentase keberhasilan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 42% meningkat pada siklus II yaitu 59%. (3) Peningkatan hasil belajar siswa siklus I rata-rata persentase ketuntasan belajar yaitu 59% meningkat rata-ratanya pada siklus II menjadi 67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Team Achivement Division dapat meningkatkan pembelajaran IPS yang ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu disarankan agar guru menerapkan model Student Team Achivement Division utamanya pada materi tentang perkembangan teknologi perlu ditindak lanjuti oleh guru SDN Sumberpetung 01 Kabupaten Malang karena model Student Team Achivement Division (STAD) mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104762 |
Actions (login required)
View Item |