Analsis kesalahan ejaan dalam karangan deskripsi siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto / Rodiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analsis kesalahan ejaan dalam karangan deskripsi siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto / Rodiyah

Rodiyah (2013) Analsis kesalahan ejaan dalam karangan deskripsi siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto / Rodiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci analisis kesalahan ejaan yang disempurnakan karangan deskripsi siswa kelas V SD Kesalahan siswa dalam belajar bahasa baik bahasa lisan maupun tulisan merupakan suatu kesalahan yang biasa dilakukan oleh siswa apabila dibiarkan akan menjadi kebiasaan yang kurang baik dan cenderung akan terulang kembali dilakukan siswa. Kesalahan berbahasa siswa khususnya bahasa tulis harus dihindari. Hal ini dapat dilakukan apabila guru mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam hal penggunaan ejaan pada hasil tulisan siswa. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam penggunaan ejaan pada karangan deskripsi siswa SDN gugus I Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan yang difokuskan pada (1) penulisan huruf kapital (2) penulisan kata dan (3) penulisan tanda baca dalam karangan deskripsi siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian deskriptif yang bersifat kuantitatif (kuantitatif deskripsi). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN gugus I Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto yang terdiri dari 5 SDN yakni SDN Trawas I SDN Trawas II SDN Sukosari SDN Jatijejer dan SDN Sugeng. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan analisis data yang digunakan adalah dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dari hasil karangan siswa kelas V SDN gugus I Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto diperoleh hasil bahwa (1) kesalahan penulisan huruf kapital pada karangan deskripsi mencapai 447 kesalahan dari 899 penulisan huruf besar yang benar atau 49 72% termasuk kategori sedang (2) kesalahan penulisan kata pada karangan deskripsi mencapai 284 kesalahan dari 4125 penulisan kata yang benar atau 6 88% termasuk kategori sedikit (3) kesalahan penulisan tanda baca pada karangan deskripsi 258 kesalahan dari 958 penulisan tanda baca yang benar atau 26 93% termasuk kategori sedang. Kesalahan yang dilakukan oleh siswa merupakan bentuk kecerobohan dan ketidaktahuan siswa mengenai penggunaan ejaan yang benar. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada guru di SDN Gugus I Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang penggunaan ejaan dengan pembelajaran bahasa yang baik sesuai kaidah bahasa. Bagi peneliti lebih lanjut disarankan untuk melakukan penelitian beberapa kali dengan memperluas subyek penelitian dan dilakukan cross cek dengan guru kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104758

Actions (login required)

View Item View Item