Pengembangan media domino pintar pada pembelajaran IPS materi peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan di kelas V SDN Psangcandi 4 Kota Malang / Firman Lubis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media domino pintar pada pembelajaran IPS materi peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan di kelas V SDN Psangcandi 4 Kota Malang / Firman Lubis

Lubis, Firman (2013) Pengembangan media domino pintar pada pembelajaran IPS materi peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan di kelas V SDN Psangcandi 4 Kota Malang / Firman Lubis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lubis Firman. 2012. Pengembangan Media Domino Pintar Pada Pembelajaran IPS Materi Peranan Tokoh Perjuangan dalam Memproklamasikan Kemerdekaan di Kelas V SDN Pisangcandi 4 Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumanto M.Pd (II) Dra. Sri Sugiharti M.Pd. Kata Kunci pengembangan media domino pintar IPS SD Kemampuan siswa menjelaskan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan sangat terbatas dan anak merasa sulit belajar hanya dengan menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Fakta menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas V SDN Pisangcandi 4 Kota Malang terhadap peranan tokoh perjuangan kemerdekaan masih kurang . Perlu adanya media yang bisa membantu siswa mengingat menceritakan dan menjelaskan peranan tokoh perjuangan kemerdekaan serta memudahkan siswa untuk belajar (stimulus). Tujuan penelitian pengembangan ini (1) menghasilkan produk media domino pintar untuk pembelajaran IPS materi peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan yang valid menurut teori (ahli) (2) menghasilkan produk media domino pintar untuk pembelajaran IPS materi peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan yang valid menurut uji coba terhadap siswa. Metodologi penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan modifikasi yaitu identifikasi kebutuhan perumusan tujuan perumusan materi perancangan media Prototype media validasi prototype media oleh uji ahli revisi produk uji coba pengguna (siswa) revisi produk dan produk akhir.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media telah dinyatakan sangat valid oleh ahli media ahli materi 1 dan ahli materi 2 (guru) dengan persentase perolehan skor masing-masing 89 6% 92 8% dan 88 8%. tingkat validitas ini didasarkan pada kriteria skor validitas yang dikonversikan menggunakan skala rating scale. Setelah dilakukan uji coba dengan subyek coba 12 siswa kelas V didapatkan bahwa media juga dinyatakan sangat valid dengan persentase perolehan skor 83 17% serta dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil evaluasi siswa yaitu persensate skor 87 75%. 12288 12288 12288 12288 Hasil akhirnya adalah produk media domino pintar adaptasi dari media kartu domino namun dimodivikasi dengan memasukkan materi IPS tentang peranan tokoh perjuangan proklamasi. Satu perangkat domino pintar terdiri dari 30 kartu setiap kartu berukuran 7 cmx 14cm selain itu media juga dilengkapi perangkat lain yaitu profil media petunjuk penggunaan bagi siswa guru dan RPP domino pintar. Pemanfaatan media domino pintar ini perlu diadakan uji coba lapangan dalam skala luas agar media benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik. Validasi ahli perlu dilakukan lebih dari satu orang ahli agar lebih valid dan sempurna

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104746

Actions (login required)

View Item View Item