Pengembangan media CD interaktif IPA materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas V SDN Jatimulyo 5 Malang / Nastiti Rahajeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media CD interaktif IPA materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas V SDN Jatimulyo 5 Malang / Nastiti Rahajeng

Rahajeng, Nastiti (2013) Pengembangan media CD interaktif IPA materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas V SDN Jatimulyo 5 Malang / Nastiti Rahajeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media CD Interaktif Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas V SD. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) muncul media berbasis komputer yaitu multimedia interaktif melibatkan siswa secara langsung dalam pengoperasiannya melalui tombol pengendali komputer. Media ini menggabungkan suara teks grafik video gambar animasi dan data yang dikemas dalam satu software pembelajaran dan diproduksi dalam bentuk Compact Disc (CD). Media interaktif cukup efektif untuk mengajarkan materi yang bersifat aplikatif berproses dan sulit dijangkau. Salah satu materi IPA yang sifatnya berproses yaitu sistem peredaran darah manusia. Guru mengaku kesulitan mengajarkan materi ini karena keterbatasan media. Siswa juga kurang tertarik mempelajarinya karena membosankan dan konsepnya sulit dibayangkan. Berpijak dari hal tersebut maka perlu dikembangkan suatu media CD interaktif IPA materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas V SD. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media CD interaktif IPA yang layak menurut ahli materi ahli media ahli lapangan (guru) dan uji coba (siswa) sehingga media CD interaktif IPA materi sistem peredaran darah dapat digunakan. Model yang digunakan merupakan adaptasi dari model penelitian pengembangan Borg dan Gall. Tahap pengembangan hanya dilakukan hingga tahap uji coba kelompok kecil. Validasi media dilakukan oleh 1 orang dosen IPA KSDP 1 orang dosen TEP 2 orang guru SD serta uji coba kelompok kecil pada 10 siswa kelas V SDN Jatimulyo 5 Malang. Instrumen pengumpulan datanya adalah angket dengan format rating scale dan soal pre-test post-test. Data yang diperoleh berupa data numerik dan verbal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis rata-rata dan persentase. Hasil pengembangan berupa media CD interaktif IPA materi sistem peredaran darah manusia. Validasi oleh ahli materi IPA mendapat hasil sebesar 91% 97 15% oleh ahli media 89 90% oleh ahli lapangan (guru). Uji coba kelompok kecil terhadap 10 siswa kelas V SD mendapat hasil sebesar 91 91%. Keseluruhan rata-rata hasil uji kelayakan adalah sebesar 92 49%. Kelayakan dari siswa juga didukung dengan hasil pre-test sebesar 37 3% dan post-test sebesar 75 6%. Kenaikan persentase rata-rata hasil belajar seluruh siswa ini semakin memperkuat data bahwa media CD interaktif IPA yang dikembangkan termasuk dalam kualifikasi sangat layak dan siap diimplementasikan. Media CD Interaktif IPA yang telah dikembangkan dapat meningkatkan kemandirian antusiasme dan keingintahuan siswa untuk mempelajari materi sistem peredaran darah manusia. Maka dari itu disarankan kepada guru dan siswa untuk menggunakannya dalam pembelajaran sehingga diharapkan dapat tercetak generasi penerus bangsa yang kompeten handal dan melek teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104745

Actions (login required)

View Item View Item