Febriani, Dwi Tri (2013) Peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui media big book di kelas II SDN Jabung 3 Kabupaten Malang / Dwi Tri Febriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Peningkatan keterampilan berbicara media big book Kelas II SD Keterampilan berbicara bukanlah keterampilan yang bisa langsung dikuasai oleh seseorang. Keterampilan berbicara memerlukan latihan dan pengarahan yang intensif agar kualitas berbicara seseorang semakin meningkat. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa siswa kelas II di SDN Jabung 3 Kabupaten Malang kurang terampil dalam berbicara. Upaya untuk memperbaiki masalah tersebut yaitu dengan bercerita menggunakan media big book. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan media big book dan (2) peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan media big book. Pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu PTK. Subyek penelitian merupakan siswa kelas II SDN Jabung 3 Kabupaten Malang sebanyak 23 siswa. Penelitain ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dimana prosedur setiap siklusnya terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dokumentasi dan tes keterampilan berbicara. Melatih keterampilan berbicara dengan menggunakan big book harus mencakup tujuan berbicara. tujuan kemudahan berbicara terlihat saat siswa dapat bercerita setelah membaca big book. Tujuan kejelasan terlihat saat siswa bercertia dengan lafal dan intonasi yang tepat serta suara yang nyaring dan lancar. Tujuan bertanggungjawab terlihat saat siswa menuliskan unsur-unsur cerita dan meringkas cerita. Tujuan membentuk pendengaran yang kritis terlihat pada saat siswa harus mendengarkan teman yang sedang bercerita secara lisan. Tujuan membentuk kebiasaan berbicara yang baik dilakukan selama kegiatan pembelajaran berlangsung Dari hasil penilaian yang dilakukan dapat disimpulkan terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata siswa mencapai 64. Pada siklus II rata-rata siswa meningkat menjadi 84. Penguasaan keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 30 4% dan pada siklus II meningkat menjadi 87%. Hal ini menandakan bahwa terjadi peningkatan penguasaan keterampilan berbicara siswa sebesar 57%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan saat melatih keterampilan berbicara siswa big book yang digunakan untuk setiap kelompok berbeda ceritanya. Dengan demikian siswa akan lebih memperhatikan teman saat bercerita. Keterampilan berbicara perlu dilatih pada mata pelajaran selain bahasa Indonesia yaitu matematika IPA IPS dan PKn.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104743 |
Actions (login required)
View Item |