Aisyah, Dina Nur (2013) Penerapan pendekatan proses untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Mulyoarjo 02 Lawang / Dina Nur Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Aisyah Dina Nur. 2013. Penerapan Pendekatan Proses Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN Mulyoarjo 02 Lawang. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Rumidjan M.Pd (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd Kata kunci pendekatan proses menulis karangan narasi SD. 12288 12288 12288 12288 Observasi yang dilakukan peneliti pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Mulyoarjo 02 Lawang menemukan permasalahan pada keterampilan menulis. Guru kelas menjelaskan materi dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah memberikan tugas di buku paket serta kurang inovatif dalam menetapkan pendekatan dalam kegiatan menulis karangan sehingga ketika siswa diajak untuk menulis karangan narasi terlihat kurang mampu mengembangkan ide dalam bentuk gagasan. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk a) mendeskripsikan penerapan pendekatan proses dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Mulyoarjo 02 Lawang b) mendeskripsikan pendekatan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Mulyoarjo 02 Lawang. 12288 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek telitinya yaitu siswa kelas IV SDN Mulyoarjo 02 Lawang. Penelitian ini berjalan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Selain itu penelitian ini menggunakan model kolaborasi partisipatoris karena peneliti berkolaborasi dengan guru kelas IV yang bertindak sebagai mitra peneliti dalam pelaksanaan tindakan dan teman sejawat membantu dokumentasi dan memberikan saran pada perbaikan tindakan dalam melakukan penelitian. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa. Ketuntasan klasikal hanya 4% dengan rata-rata 41 meningkat menjadi 35% dengan rata-rata 63 dan menjadi 81% dengan rata-rata 81. Hal ini menunjukkan penerapan pendekatan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian beberapa hal yang disarankan adalah (a) dalam kegiatan pembelajaran menulis karangan narasi hendaknya guru melakukan pendekatan proses (b) guru dalam pembelajaran menulis karangan narasi selalu berusaha memberi contoh serta membahas prinsip-prinsip karangan narasi berdasarkan cerita (c) guru hendaknya memberi variasi pembelajaran antara tiap tahap proses menulis untuk mengurangi kejenuhan siswa (d) guru hendaknya memanfaatkan media berupa visual maupun audio visual dan (e) membudayakan siswa untuk gemar menulis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104724 |
Actions (login required)
View Item |