Penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Jetis 1 Kabupaten Nganjuk / Zenny Dwi Lutfita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Jetis 1 Kabupaten Nganjuk / Zenny Dwi Lutfita

Lutfita, Zenny Dwi (2013) Penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Jetis 1 Kabupaten Nganjuk / Zenny Dwi Lutfita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model PembelajaranTalking Stick Membaca Pemahaman Sekolah Dasar Hasilobservasi yang dilakukanpeneliti di kelas V SDNJetis 1KabupatenNganjukpadapembelajaranBahasa Indonesia materimembacapemahamandidapatkanfaktasebagaiberikut. (1) Siswamasihmengalamikesulitandalammemahamiisibacaan (2) Saat guru menanyakantentangisibacaan siswacenderungmenanyakanjawabanpadatemanatau guru tanpamaumembacakembaliteksbacaan (3) Rata-rata hasilbelajarsiswahanyamencapai 66 7 denganketuntasankelas 45 8% sedangkanKKM yang ditentukanadalah 70 00 untukhasilbelajardan 75% untukketuntasan belajar klasikal. Untukmeningkatkankemampuanmembacapemahamansiswa kelas V SDN Jetis 1 perludiadakanperbaikanpembelajaran salah satu alternatifnya menerapkan model Talking Stick. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapan model Talking StickpadapembelajaranBahasa Indonesia. Mendeskripsikankemampuanmembacapemahamansiswasetelahmenerapkan model Talking Stickpadakelas V SDN Jetis 1. Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkualitatif model kolaboratif. Subyekpenelitianadalahsiswakelas V SDNJetis 1 KabupatenNganjuk yang berjumlah 24 siswa. Data yang diambil yaitu pelaksanaan pembelajaran menerapkan model Talking Stick dan hasil belajar siswa. Data diperoleh melalui observasi wawancara tesdandokumentasi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapan model Talking Stick yang berlangsungsecaraefektifdanseksamadapatmeningkatkankemampuanmembacapemahamansiswa kelas V SDN Jetis 1. Hal tersebutterbuktidarinilai rata-rata hasilbelajarsiswapadapratindakan 66 7 siklusI 71 sedangkanpadasiklus II meningkatmenjadi85. Ketuntasanbelajarpadapratindakan45 8% siklus I 66 7% danpadasiklusII meningkatmenjadi 83 3%. Saran yang dapatdiberikanberdasarkanhasilpenelitianiniantar lain (1) untukkesempurnaanpenerapan model pembelajaran Talking Stickharusdisediakanalokasiwaktu yang cukup agar tidakmengurangitahapberpikirdanmenjawabsiswa (2) guru hendaknyamembuatvariasi model pembelajaranmemadukan model pembelajaran Talking Stick denganmetode yang lain (3) dalampenilaian guru hendaknyamenekankanpemahamansiswapadaaspekkemampuanmembaca yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104717

Actions (login required)

View Item View Item