Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Jatimulyo 5 Kota Malang / Riska Yuni Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Jatimulyo 5 Kota Malang / Riska Yuni Puspitasari

Puspitasari, Riska Yuni (2013) Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Jatimulyo 5 Kota Malang / Riska Yuni Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Cooperative Script Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar. Aktivitas belajar peserta didik sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran karena belajar hanya mungkin terjadi apabila peserta didik aktif mengalami sendiri. Dengan demikian diperlukan sebuah pembelajaran yang mampu mengaktifkan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Jatimulyo 5 Kota Malang (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas IV SDN Jatimulyo 5 Malang dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Jatimulyo 5 Malang dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Jatimulyo 5 Kota Malang yang berjumlah 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi catatan lapangan tes wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dalam penelitian ini berpedoman pada langkah-langkah analisis data secara kualitatif yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat dilakukan dengan baik hal ini dapat dilihat dari semua langkah-langkah Cooperative Script telah dilakukan oleh guru. Aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 20% yaitu pada siklus I dengan persentase sebesar 64% sedangkan pada siklus II dengan persentase sebesar 84%. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu pada siklus I terdapat 13 orang peserta didik yang tuntas belajar sedangkan pada siklus II meningkat yaitu terdapat 22 orang peserta didik yang tuntas belajar. Rata-rata hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan sebesar 13 4 yaitu pada siklus I rata-rata sebesar 65 5 sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 78 9. Kesimpulan penelitian yang dilakukan yaitu secara keseluruhan model Pembelajaran Cooperative Script telah berhasil dilaksanakan dan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Dari hasil penelitian disarankan untuk guru dapat menerapkan model pembelajaran Cooperative Script sesuai dengan langkah-langkahnya dan untuk peneliti lain disarankan dapat meningkatkan hasil yang lebih baik lagi dari penelitian ini sehingga penelitian tentang penerapan model Cooperative Script dapat lebih disempurnakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104713

Actions (login required)

View Item View Item