Muthmainah, Nafsul (2013) Analisis isi buku teks Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS) kelas III Seoklah Dasar Negeri se-Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro / Nafsul Muthmainah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci analisis buku teks IPS kelas III Buku teks merupakan salah satu sumber belajar yang tercetak yang digunakan di sekolah. Buku teks mata pelajaran IPS yang digunakan di sekolah saat ini yaitu buku yang dapat diperoleh dengan cara mengunduh dari internet yang dinamakan buku elektronik (e-book) dan kemudian disebut Buku Sekolah Elektronik (BSE). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat ke-sesuaian isi buku dengan kurikulum mengidentifikasi kesesuaian cakupan materi berdasarkan aspek kognitif berupa fakta konsep dan generalisasi serta kesesuai-an media gambar dalam buku teks. Penelitian ini dilakukan di 34 Sekolah Dasar Negeri se-kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Berdasarkan hasil wawancara di 34 sekolah tersebut ditemukan bahwa buku teks yang paling banyak digunakan adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang ditulis oleh Muhammad Nursa ban dan Rusmawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrumen dalam pe-nelitian ini yaitu tabel kesesuaian isi buku teks dengan kurikulum tabel kesesuai-an cakupan materi berdasarkan aspek kognitif yang berupa fakta konsep dan generalisasi dan tabel kesesuaian media gambar dalam buku teks. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil pe-nelitian berdasarkan buku yang ditulis Muhammad Nursa ban dan Rusmawan yaitu sebagai berikut. Pertama materi pokok yang terdapat pada buku teks dapat dikatakan baik. Hal ini ditunjukkan dengan persentase kemunculan materi pokok yang mencapai angka 65 8%. Kedua fakta yang terdapat pada buku tersebut dapat dikategorikan cukup. Hal ini ditunjukkan dengan persentase kemunculan fakta yang mencapai angka 55 5%. Konsep yang terdapat pada buku tersebut dapat dikategorikan cukup. Hal ini ditunjukkan dengan persentase kemunculan konsep yang mencapai 57 3%. Generalisasi yang terdapat pada buku tersebut dapat dikategorikan cukup. Hal ini ditunjukkan dengan persentase kemunculan konsep yang mencapai 59 5%. Ketiga kesesuaian media gambar dalam buku teks tersebut dapat di-kategorikan cukup. Hal ini ditunjukkan dengan persentase kemunculan media gambar hanya mencapai 48 3%. Berdasarkan kesimpulan tersebut peneliti dapat memberikan saran sebagai berikut. Jika dilihat dari kemunculan materi pokok pembaca dapat menggunakan buku teks ini. Jika dilihat dari kemunculan fakta konsep dan generalisasi pem-baca tidak menggunakan buku teks ini sebagai buku utama. Jika dilihat dari kemunculan media gambar pembaca tidak menggunakan buku teks ini sebagai buku utama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104711 |
Actions (login required)
View Item |