Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model numbered heads together di kelas V SDN Bareng 1 Kota Malang / Reza Edwijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model numbered heads together di kelas V SDN Bareng 1 Kota Malang / Reza Edwijaya

Edwijaya, Reza (2013) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model numbered heads together di kelas V SDN Bareng 1 Kota Malang / Reza Edwijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Edwijaya Reza. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS melalui Penerapan Model Numbered Heads Together di Kelas V SDN Bareng 1 Kota Malang. Skripsi Prodi S-1 PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Rumidjan M.Pd (II) Muchtar S.Pd M.Si. Kata Kunci aktivitas dan hasil belajar IPS model Numbered Heads Together Akar permasalahan yang berhasil diidentifikasi melalui kegiatan observasi yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Bareng 1 Kota Malang tergolong sangat rendah. Peneliti bersama guru bersepakat untuk memecahkan masalah tersebut melalui penerapan model Numbered Heads Together. Model ini merupakan salah satu jenis model pembelajaran kooperatif yang memiliki langka-langkah terdiri dari pemberian nomor pengajuan pertanyaan berpikir bersama dan penyajian jawaban. Model ini melibatkan siswa secara aktif dalam meninjau ulang pengetahuan yang diperolehnya dan dapat mendorong siswa untuk memaknai pengetahuan yang dibangunnya sendiri 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan model PTK Kemmis dan Taggart maka penelitian dilaksanakan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu keterlaksanaan penerapan model Numbered Heads Together dalam pembelajaran IPS serta aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dokumentasi dan tes. Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa secara klasikal yang dicapai pada pra siklus sebesar 36 7% pada siklus I meningkat menjadi 66 7% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yang dicapai pada pra siklus sebesar 30% pada siklus I meningkat menjadi 73 4% dan pada siklus II meningkat menjadi 93 3%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui penerapan model Numbered Heads Together di kelas V SDN Bareng 1 Kota Malang. Guru disarankan untuk lebih teliti dalam melaksanakan setiap tahapan pembelajaran menggunakan model Numbered Heads Together agar aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sesuai yang diharapkan selain itu disarankan agar model ini digunakan untuk materi pembelajaran IPS lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104704

Actions (login required)

View Item View Item