Pengembangan pedoman praktikum IPA materi sifat-sifat benda untuk siswa kelas IV SDN Saw2ojajar 5 Malang / Stefani Mahesa Jelita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pedoman praktikum IPA materi sifat-sifat benda untuk siswa kelas IV SDN Saw2ojajar 5 Malang / Stefani Mahesa Jelita

Jelita, Stefani Mahesa (2013) Pengembangan pedoman praktikum IPA materi sifat-sifat benda untuk siswa kelas IV SDN Saw2ojajar 5 Malang / Stefani Mahesa Jelita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan pedoman praktikum materi sifat-sifat benda IPA tidak dapat dipisahkan dari praktikum. Salah satu materi penting dalam pembelajaran IPA yang membutuhkan pratikum dalam penguasaan konsepnya adalah materi sifat-sifat benda. Di SDN Sawojajar 5 Malang guru memang terbiasa mengajak siswa melakukan praktikum pada materi sifat-sifat benda. Namun dalam melakukan praktikum guru tidak menggunakan pedoman praktikum melainkan menggunakan buku cetak IPA. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk mengembangkan Pedoman Praktikum IPA Materi Sifat-Sifat Benda untuk Siswa Kelas IV di SDN Sawojajar 5 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan pedoman praktikum yang layak menurut ahli (dosen) pengguna (guru) dan uji coba (siswa) sehingga pedoman praktikum IPA materi sifat-sifat benda dapat digunakan. Model penelitian yang digunakan merupakan model penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall. Tahap pengembangan hanya dilakukan hingga tahap kelima karena keterbatasan waktu tenaga dan biaya. Oleh karena itu validasi dilakukan hanya sebatas pada validasi empiris secara terbatas. Validasi pedoman praktikum dilakukan oleh 2 orang dosen KSDP yang berpengalaman mengajar praktikum IPA 1 guru kelas IV SD dan uji coba skala terbatas pada 10 siswa kelas IV SDN Sawojajar 5 Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan skala likert dan rubrik penilaian. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket dan rubrik penilaian sedangkan data kualitatif diperoleh dari masukan dari validator. Kedua data tersebut digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis rata-rata dan presentase. Hasil pengembangan berupa pedoman praktikum IPA materi sifat-sifat benda. Hasil validasi oleh ahli (dosen) diperoleh nilai sebesar 3 49 dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi oleh pengguna (guru) diperoleh nilai sebesar 3 58 dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba skala terbatas terhadap pedoman praktikum materi sifat-sifat benda oleh siswa diperoleh nilai sebesar 94 93% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa pedoman praktikum yang dikembangkan sudah layak menurut ahli (dosen) pengguna (guru) dan uji coba skala terbatas (siswa). Saran dari penelitian ini agar dikembangkan pedoman praktikum dengan memperhatikan aspek-aspek penilaian. Selain itu pedoman praktikum ini agar digunakan siswa untuk menemukan konsep IPA dan meningkatkan keterampilan. Serta pedoman praktikum ini agar diuji coba untuk skala yang lebih luas dan agar dikembangkan untuk seluruh materi pada semester 1 atau semester 2 di jenjang kelas lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104699

Actions (login required)

View Item View Item