Meningkatkan hasil belajar melalui metode mind mapping pada pembelajaran IPS siswa kelas IV di SDN Bendo 02 Kota Blitar / Yanti Adriana Pohwainyaan - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar melalui metode mind mapping pada pembelajaran IPS siswa kelas IV di SDN Bendo 02 Kota Blitar / Yanti Adriana Pohwainyaan

Pohwainyaan, Yanti Adriana (2013) Meningkatkan hasil belajar melalui metode mind mapping pada pembelajaran IPS siswa kelas IV di SDN Bendo 02 Kota Blitar / Yanti Adriana Pohwainyaan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar pembelajaran IPS Mind Mapping. Hasil Observasi di lapangan pembelajaran IPS dengan materi perkembangan teknologi komunikasi pada kelas IV di SDN Bendo 2 masi bersifat konvensional. Guru mendominasi kegiatan pembelajaran dengan metode ceramah dan tidak memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi pelajaran.sehingga siswa cenderung pasif saat pembelajaran. Aspek afektif maupun psikomotor kurang dikembangkan. Sehingga hasil belajar kurang baik dari 37 siswa yang nilai diatas KKM hanya 9 siswa jadi 28 siswa belum tuntas.Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran IPS melalui metode pembelajaran Mind Mapping kelas IV SDN Bendo 02 Kota Blitar (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Bendo 02 dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping. Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 37 siswa. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data secara kualitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tahapan penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dilihat pada siklus I ke siklus dan siklus II aktifitas siswa meningkat sebesar 80% dengan kualifikasi baik. Buktinya siklus untuk pra tindakan naik dari siklus I ke II naik. Hasil belajar siswa siklus I ke siklus 2 meningkat sebesar 89% (33 siswa tuntas belajar) dan 4 siswa tidak tuntas belajar karena kemampuan kurang. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa pada pelajaran IPS. Dari 37 siswa 33 siswa yang tuntas belajar dan 4 siswa tidak tuntas karena kemampuan kurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104677

Actions (login required)

View Item View Item