Ditubun, Krisna P. (2013) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran inkuiri nilai pada siswa kelas IV SDN Kauman 02 Kota Blitar / Krisna P. Ditubun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan inkuiri nilai. Berdasarkan hasil observasi awal dalam proses pembelajarn PKn siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar PKn. Siswa menganggap mata pelajaran PKn sebagai pelajaran hafalan karena kurang menekankan pada aspek penalaran sehingga hasil belajar siswa masih kurang. Selain itu guru masih menggunakan model konvensional yaitu masi terpusat pada guru (teacher center) sehingga membuat siswa dalam pembelajaran PKn. Tujuan diadakannya penelitian di SDN Kauman 02 Kota Blitar adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri nilai pada siswa kelas IV. Diharapkan dengan model pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan catatan lapangan. Analisis data hasil observasi siswa yaitu dengan mencari presentase banyak siswa yang mendapat skor dibagai jumlah siswa dan dikalikan 100%. Apabila hasilnya 70% ke atas maka kegiatan yang dilakukan siswa sudah baik. Hasil penelitian menunjukan pada tahap pra hanya 5 siswa atau 14 7% dari 34 siswa yang tuntas belajar. Setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri nilai pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 29 4% dari 14 7% menjadi 44 1%. Sedangkan untuk peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 55 9% dari 44 1% menjadi 100%. Peningkatan hasil belajar siswa ini dikarenakan peneliti menggunakan metode pembelajaran inkuiri nilai (value inquiry). Siswa yang awalnya bosan dan tidak bersemangat setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri nilai menjadi lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri nilai menunjukan peningkatan hasil belajar PKn. Untuk itu disarankan hendaknya para guru menggunakan model pembelajaran akan lebih menyenangkan dan bermakna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104672 |
Actions (login required)
View Item |