Peningkatan hasil belajar konsep pecahan melalui model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) pada kelas IV SDN Kauman 02 Kota Blitar / Latif Laelaem - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar konsep pecahan melalui model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) pada kelas IV SDN Kauman 02 Kota Blitar / Latif Laelaem

Laelaem, Latif (2013) Peningkatan hasil belajar konsep pecahan melalui model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) pada kelas IV SDN Kauman 02 Kota Blitar / Latif Laelaem. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar konsep pecahan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Berdasarkan hasil observsi yang dilakukan di kelas IV pada waktu pembelajaran Matematika terdapat (1) Siswa belum memahami konsep dasar pecahan dan mengaku tidak tahu bahwa dalam menyamakan penyebut sebenarnya menggunakan KPK. (2) Siswa mengalami kesalahan mendasar sebelum melakukan operasi penjumlahan yakni pemahaman konsep tentang mencari bentuk pecahan yang senilai dan penyebutnya tidak sama. Kesalahannya terletak pada cara cepatnya mereka anggap hasilnya akan sama padahal kalaupun hasilnya sama hanya pada pecahan tertentu saja. (3) Siswa kurang mampu mengerjakan pengurangan pecahan berpenyebut sama. Dalam pembelajaran guru hanya masuk membahas PR kemudian siswa ditugasi mengerjakan soal di LKS kemudian dibahas dan yang terakhir siswa diberi tugas mengerjakan soal individu 4 soal hasil belajar yang diperoleh dari 29 siswa yaitu nilai 59 ada 19 siswa dan nilai 60 ada 10 siswa. Pada pembelajaran matematika KKM yang ditentukan yaitu 60 sehingga 19 siswa yang hasil belajarnya di bawah KKM dan belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskrpsikan penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN Kauman 02 Kota Blitar (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar konsep pecahan melalui model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) di kelas IV SDN Kauman 02 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas dengan model kolaboratif partisipatoris. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) dan guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) pada matematika d kelas IV sudah sangat baik. Hal ini didukung dengan sudah munculnya semua aspek/ komponen model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) pada saat pembelajaran berlangsung. Hal itu juga diikuti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik pula. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan adalah 34 48 pada siklus I 89 66 dan pada siklus II adalah 96 55 . Ber berdasarkan hasil kesimpulan disarankan kepada guru kelas IV SDN Kauman 02 Kota Blitar untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) yang menyajikan pembelajaran yang berangkat dari siswa dan guru bertindak sebagai fasilitator untuk menciptakan suasana yang menyenangkan agar siswa dapat mengembangkan konsep yang diterima secara berdiskusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104656

Actions (login required)

View Item View Item