Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Bunulrejo 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Ika Rusaria - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Bunulrejo 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Ika Rusaria

Rusaria, Ika (2013) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Bunulrejo 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Ika Rusaria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Problem Based Learning pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Bunulrejo 2 Kota Malang ditemukan bahwa dalam pembelajaran IPA kelas IV masih menggunakan metode ekspositori dan menggunakan pendekatan pembelajaran yang konvensional sehingga mengakibatkan siswa menjadi pasif dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah yang ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar kelas belum tercapai karena hanya 47% telah tuntas dan 53% belum tuntas belajar. Model Problem Based Learning (PBL) membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir pemecahan masalah dan keterampilan intelektualnya karena adanya keterlibatan langsung dalam pengalaman nyata serta menjadi pebelajar yang otonom dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV (2) mendeskripsikan aktivitas siswa setelah menerapkan model Problem Based Learning dan (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan di SDN Bunulrejo 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 30 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Tagart meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan (planning) pelaksanaan tindakan (acting) observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL pada pembelajaran IPA kelas IV dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan guru mengajar dengan sangat baik yaitu tercapainya sebagian besar dari indikator dalam RPP. Penerapan model PBL dapat meningkatkan aktivitas siswa melalui observasi pada siklus I sebanyak 70% meningkat menjadi 82% pada sikus II. Sementara untuk hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata nilai 66 dengan 47% siswa tuntas belajar pada siklus I meningkat menjadi 82 dengan 87% siswa tuntas belajar pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran menggunakan model PBL perlu dilakukan karena dapat mengaktifkan siswa selama pembelajaran penilaian aktivitas siswa diharapkan lebih teliti selalu memotivasi siswa serta diharapkan adanya penelitian lebih lanjut untuk meningkatkan pembelajaran IPA dengan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104646

Actions (login required)

View Item View Item