Okwatu, Hadijah (2013) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model konstriuktivisme pada siswa kelas IV SDN tanggung 01 Kota Blitar / Hadijah Okwatu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci hasil belajar ips konstruktivisme. Berdasarkan hasil observasi diketahu bahwa pembelajaran IPS kelas IV di SDN Tanggung 01 masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Di mana guru masih mendominasi pembelajaran dan siswa pasif akibatnya hasil belajar siswa pada tes akhir pembelajaran dari 37 siswa hanya 9 siswa yang sudah mencapai nilai di atas KKM dan 28 masih di bawah nilai KKM di mana kriteria ketuntasan minimal 60. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model Konstruktivisme. Tujuan tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penerapan model Konstruktivisme pada pembelajaran IPS dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tanggung 01 setelah menggunakan model Konstruktivisme. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam dua siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV dari pratindakan adalah 64 05 mengalami peningkatan pada siklus I adalah 52% sehingga terjadi peningkatan sebesar 71 21% sedangkan siklus II mencapai 76 80% hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 92% sedangkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 70 dan hasil aktivitas guru pda siklus II adalah 87 5%. Data hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 58 57% sedangkan aktivitas siswa pada siklus II adalah 75%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model Konstruktivisme dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tanggung 01 Kota Blitar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104639 |
Actions (login required)
View Item |