Analisis buku teks IPA kelas IV yang digunakan di SD Gugus 04 Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pasuruan berdasarkan KTSP / Mila Amalia Afandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku teks IPA kelas IV yang digunakan di SD Gugus 04 Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pasuruan berdasarkan KTSP / Mila Amalia Afandi

Afandi, Mila Amalia (2012) Analisis buku teks IPA kelas IV yang digunakan di SD Gugus 04 Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pasuruan berdasarkan KTSP / Mila Amalia Afandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Analisis Buku teks IPA SD Kesesuaian pendekatan penulisan Materi Sistem evaluasi dengan kurikulum tahun 2006 Buku teks digunakan sebagai buku penunjang dalam pembelajaran. Namun saat ini masih ada beberapa buku yang belum sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan tahun 2006 baik dari segi pendekatan penulisan kompetensi maupun sistem evaluasi oleh karena itu untuk mengatasi kondisi seperti itu para guru atau calon guru harus memiliki kemampuan untuk menelaah buku teks. Dalam penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana kesesuaian pendekatan penulisan buku teks dengan pendekatan yang ada dalam kurikulum tahun 2006 (2) bagaimana kesesuaian isi materi dalam buku teks dengan kompetensi dalam kurikulum yang ditetapkan tahun 2006 (3) bagaimana kesesuaian sistem evaluasi yang ada dalam buku teks yang ditetapkan tahun 2006 Untuk memecahkan masalah tersebut penelitian dirancang dengan model deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks IPA SD/MI kelas IV yang ditulis oleh Dudi dan Setia dan penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas 2008. Data hasil analisis dikumpulkan menggunakan instrumen. Data yang dikumpulkan sebagai berikut pertama kesesuaian pendekatan penulisan pada bab I II dan IV sesuai dengan pendekatan filosofis sedangkan pada bab III dan V pendekatan konstruktif pada pada akhir pembahasan belum ada konfirmasi jawaban yang tepat dan simpulan. Tidak tertulis pendekatan kurikuler yang berupa SK dan KD kesesuaian materi dari 5 SK dan 14 KD dijabarkan menjadi 44 indikator tetapi 18 indikator pembelajaran tidak dibahas ketiga Kesesuaian sistem evaluasi terdapat 87 butir evaluasi aspek kognitif 3 evaluasi sistem evaluasi aspek afektif dan dan tidak terdapat sistem evaluasi aspek psikomotor. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan pertama pendekatan penulisan buku teks tidak sesuai dengan pendekatan kurikulum tahun 2006 materi dalam buku teks kurang sesuai dengan kompetensi dalam kurikulum tahun 2006 sistem evaluasi dalam buku teks cenderung pada aspek kognitif buku karangan Dudi W dan Setia kurang sesuai dengan kurikulum tahun 2006.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104450

Actions (login required)

View Item View Item