Penerapan metode ekspresi terarah dalam pembelajaran menggambar ekspresi di Kelas IIA SDN Punten 01 Kota Batu / Nur Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode ekspresi terarah dalam pembelajaran menggambar ekspresi di Kelas IIA SDN Punten 01 Kota Batu / Nur Agustina

Agustina, Nur (2012) Penerapan metode ekspresi terarah dalam pembelajaran menggambar ekspresi di Kelas IIA SDN Punten 01 Kota Batu / Nur Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci metode Ekspresi Terarah menggambar ekspresi Berdasarkan observasi awal di SDN Punten 01 Kota Batu diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas IIA masih relatif rendah. Guru sangat sedikit memiliki pengetahuan dan ketrampilan tentang pembelajaran seni rupa. Saat pembelajaran berlangsung guru melakukan aktifitas pembelajaran yang sama setiap minggunya yaitu ceramah klasikal demonstrasi. Masalah minat dan bakat siswa yang berbeda beda juga membuat guru harus melakukan pembimbingan secara ekstra. Alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar menggambar ekspresi adalah dengan memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan metode ekspresi terarah dalam pembelajaran menggambar ekspresi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode ekspresi terarah dalam pembelajaran menggambar ekspresi di kelas IIA SDN Punten 01 Kota Batu (2) peningkatan kemampuan menggambar ekspresi di kelas IIA SDN Punten 01 Kota Batu dengan diterapkannya metode ekspresi terarah. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IIA SDN Punten 01 Kota Batu sebanyak 22 siswa dan guru yang melaksanakan pembelajaran dengan Kompetensi Dasar (KD) Mengekspresikan diri dalam gambar ekspresif. Pengumpulan data melalui observasi wawancara dokumentasi dan menggunakan instrumen penelitian. Hasil penelitian berupa paparan data mengenai proses dan hasil menggambar ekspresi sesudah diadakan tindakan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Ekspresi Terarah dapat meningkatkan kemampuan proses dan hasil siswa dalam menggambar ekspresi. Peningkatan aspek kemampuan proses dan hasil dapat diamati mulai dari pratindakan sampai siklus I dan siklus II. Peningkatan aspek proses dari tahapan pra tindakan ke siklus I sebesar 0 01%(67 86%-67 87%) dan dari siklus I ke siklus II sebesar 7 27% (67 87% -75 14%). Peningkatan aspek kemampuan hasil dari tahap pratindakan ke siklus I sebesar 0 17%(64 40%-64 57%) dan dari siklus I ke siklus II sebesar 6 64%(64 57%-71 03%). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode ekspresi terarah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran untuk perbaikan pembelajaran ini yaitu diharapkan guru lebih memotivasi siswa dalam menuangkan ide dan gagasan siswa serta membimbing siswa dalam menggambar. Bagi para guru yang akan menggunakan metode ini hendaknya perencanaan awal disiapkan untuk kelas rendah karena metode ekspresi terarah tidak ada ikatan elemen dan unsur unsur seni

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104188

Actions (login required)

View Item View Item