Budiarti, Astri Yuanita (2012) Penerapan model pembelajaran active learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Tulusrejo 2 Kota Malang / Astri Yuanita Budiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci model active learning aktivitas belajar hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Berdasarkan fakta yang ditemukan peneliti terdapat permasalahan yang terjadi dikelas IV SDN Tulusrejo II Kota Malang dalam aktvitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil wawacara yang dilakukan oleh peneliti dengan guru kelas IV di SDN Tulusrejo II Kota Malang menjelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran masih mengandalkan guru sepenuhnya atau masih teacher centered. Guru lebih sering meggunakan ceramah penugasan yang dilakukan secara individu sehingga siswa merasa cepat bosan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) menerapkan model pembelajaran active learning untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Tulusrejo II Kota Malang (2) menerapkan model pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Tulusrejo II Kota Malang. Penelitian ini menggunakan desain PTK yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus mempunyai 4 tahapan yaitu (1) perencanaan (2) tindakan dan pengamatan (3) refleksi dan (4) perbaikan rencana. Pelaksanaan siklus II sama dengan siklus I yang terdiri atas 4 (empat) tahapan. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti didapatkan hasil yaitu (1) Dengan menggunakan langkah-langkah active learning terjadi peningkatan dalam aktivitas dan hasil belajar siswa (2) Berdasarkan hasil analisis data aktivitas belajar siswa kelas IV setelah diberi tindakan pada siklus I menunjukkan 1) visual activities 1.1) memperhatikan apa yang disampaikan guru 70% 1.2) melihat media gambar atau demonstrasi 83% 2) oral activities 2.1) mengajukan pertanyaan kepada guru 30% 2.2) melaporkan hasil kerja kelompok 24% 3) listening activities 3.1) mendengarkan penjelasan guru 54% 3.2) mendengarkan diskusi kelompok 43% 4) writing activities 4.1 mengerjakan LKSyang diberikan guru 63% 4.2) merangkum materi yang diajarkan 47% 5) motor activities 5.1) mnyelenggarakan permainan 79% 5.2) melaksanakan papan pajangan 40% 6) mental activities 6.1 merespon jawaban teman 38% 6.2) mengambil keputusan dari semua jawaban yang dianggap paling benar 25% 7) emotional activities 7.1) mau menerima pendapat temannya 29% 7.2) perasaan senang dalam belajar IPS 56%. Pada siklus II 1) visual activities 1.1) memperhatikan apa yang disampaikan guru 61% 1.2) melihat media gambar atau demonstrasi 57% 2) oral activities 2.1) mengajukan pertanyaan kepada guru 39% 2.2) melaporkan hasil kerja kelompok 29% 3) listening activities 3.1) mendengarkan penjelasan guru 71% 3.2) mendengarkan diskusi kelompok 54% 4) writing activities 4.1) mengerjakan LKS yang diberikan guru 82% 4.2) merangkum materi yang diajarkan 54% 5) motor activities 5.1) mnyelenggarakan permainan 86% 5.2) melaksanakan papan pajangan 54% 6) mental activities 6.1) merespon jawaban teman 64% 6.2) mengambil keputusan dari semua jawaban yang dianggap paling benar 29% 7) emotional activities 7.1) mau menerima pendapat temannya 43% 7.2) perasaan senang dalam belajar IPS 68% (3) Penerapan model active learning pada pembelajarn IPS kelas IV SDN Tulusrejo 2 terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perolehan skor rata-rata postes siswa yang meningkat secara bertahap dari rata-rata pra tindakan 63 07 (25%) pada siklus I menjadi 70 79 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 61% dan p siklus II meningkat lagi menjadi 85 68 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86%. Pada siklus II sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal di atas 70%. Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi guru dan peneliti lanjutan diharapkan dapat menciptakan suatu inovasi dalam pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran dan mengkombinasikannya dengan beberapa metode pembelajaran yang cocok dalam pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |