Al-Mahdaly, Rugaya (2011) Penerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Madyopuro III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rugaya Al-Mahdaly. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Pembelajaran Advance Organizer ilmu Pengatahuan Sosial Masalah-masalah yang ditemukan di SDN Madyopuro III Kecamatan Kedungkandang kota malang di atas cukup kompleks yaitu (1) metode yang digunakan selama ini adalah ceramah dan tanya jawab (2) hasil belajar siswa pada bidang studi IPS masih kurang (3) kurangnya daya ingat siswa terhadap mata pelajaran IPS (4) kurangnya kerja sama dalam proses belajar (5) Selain itu juga disebabkan oleh kurangnya kreativitas pendidik dalam menciptakan model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro III Kecamatan Kedungkandang kota malang pada pokok bahasan Masalah-masalah sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang diadaptasi dari Kemmis dan Tanggart dengan dilakukan dua siklus setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu planing acting dan observing dan reflecting.Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV di SDN Madyopuro III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang berjumlah 43 siswa terdiri atas 19 siswa laki- laki dan 24 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa kelas IV SDN Madyopuro III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang pengalami peningkatan dari siklus I 57 20 % ke Siklus II 95 11% demikian pula dengan Hasil belajar siswa setelah digunakan model pembelajaran Advance Organizer dari siklus I57 20 % ke Siklus II mencapai 95 11%.Dari hasil yang diperoleh maka dikatakan bahwa model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Kesimpulan secara keseluruhan Aktifitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah diterapkan model pembelajaran Advancer Organizer. Penerapan model pembelajaran advancer organizer pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro III Kota Malang berhasil sesuai dengan yang direncanakan. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang berlangsung dengan baik. Agar prestasi siswa dapat meningkat dengan maksimal maka di sarankan bagi para guru untuk menggunakan model pembelajaran advancer organiser untuk meningkatkan aktifitas siswa sehingga lebih membiasakan siswa aktif dan menyelesaikan permasalahan yang ada dengan mengunakan kehidupan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103850 |
Actions (login required)
View Item |