Pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang / Lutvi Awan Amin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang / Lutvi Awan Amin

Amin, Lutvi Awan (2011) Pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang / Lutvi Awan Amin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pemecahan masalah model Polya soal cerita think-pair-share. Penelitian ini dilakukan dengan dilandasi kenyataan bahwa siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang memiliki kemampuan yang rendah dalam mengerjakan soal cerita Matematika. Kesulitan siswa disebabkan karena siswa tidak bisa memahami maksud dari soal cerita tidak dapat menterjemahkan permasalahan ke dalam bentuk kalimat matematika dan dalam mengerjakan soal tidak melalui prosedur penyelesaian soal cerita. Permasalahan tersebut perlu segera mendapat pemecahan guna meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita melalui pembelajaran pemecahan masalah pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang dengan metode kooperatif tipe TPS (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita melalui pembelajaran pemecahan masalah pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang dengan metode kooperatif. Berdasarkan hasil penelitian ini kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan pembelajaran pemecahan masalah bersetting kooperatif tipe TPS menunjukkan adanya peningkatan dari tindakan I ke tindakan II pada (a) skor rata-rata tes akhir dari 67 75 menjadi 74 (b) rata-rata persentase siswa yang mendapat skor 8805 65 dari 55% menjadi 87 5 % (c) persentase aktivitas guru dari 92% menjadi 95 5% (d) persentase aktivitas belajar siswa dari 89% menjadi 96% dan (e) persentase keterampilan kooperatif siswa dari 77 75% menjadi 93%. Beberapa saran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika (1) Bagi guru-guru di SDN Tanjungrejo 2 pada khususnya dan guru-guru di sekolah lain pada umumnya disarankan untuk menjadikan pembelajaran pemecahan masalah bersetting kooperatif tipe TPS sebagai alternatif pembelajaran untuk materi soal cerita (2) Apabila guru ingin menerapkan pembelajaran pemecahan masalah bersetting kooperatif tipe TPS terutama pada saat diskusi di kelompok gabungan dan penjelasan di kelompok disarankan menggunakan waktu yang relatif lama agar pelaksanaan diskusi dan penjelasan materi dapat berlangsung dengan baik (3) Bagi guru dalam kegiatan pembelajaran disarankan untuk sering menggunakan kegiatan berkelompok yang heterogen sehingga diharapkan dapat terjadi interaksi sosial antar siwa dan memunculkan tutor sebaya (4) Bagi para peniliti lebih lanjut disarankan untuk mengembangkan lebih lanjut pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini agar memperoleh hasil yang lebih baik dan mendalam dan (5) Bagi sekolah disarankan untuk memfasilitasi ruang tempat belajar dengan sarana dan prasarana yang memungkinkan guru untuk bisa menerapkan berbagai model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103731

Actions (login required)

View Item View Item