Aini, Ellys Nur (2011) Peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi melalui penggunaan benda konkrit di kelas IV SDN Karangbesuki 1 Kecamatan kota Malang / Ellys Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Benda konkret Kemampuan menulis Karangan Deskripsi Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Karangbesuki 1 diketahui bahwa 1) Pembelajaran sering tidak menggunakan media pembelajaran 2) Tingkat penguasaan siswa terhadap materi masih rendah hal ini terbukti berdasarkan hasil belajar yang diperoleh siswa masih banyak dibawah KKM yang ditentukan oleh sekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan penguasaan atau kemampuan siswa. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah penggunaan media pembelajaran yang dapat menjadi solusi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan benda konkret dalam menulis karangan Deskripsi. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk 1) Mendeskripsikan Jenis-jenis karangan 2) Membuat karangan deskripsi melalui benda konkrit sesuai dengan teknik penulisan karangan yang baik 3) Membuat karangan Deskripsi melalui benda konkrit sesuai dengan teknik penulisan karangan yang baik. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 Siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) tindakan 3) observasi 4) refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun Kota Malang pada semester gasal tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 37 siswa. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah diterapkan benda konkret dalam penulisan karangan deskripsi diketahui bahwa Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60 37 dan siklus II meningkat menjadi 72 11 dengan prosentase peningkatan 31 72% Data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan benda konkret dapat meningkatakan kemampuan menulis karangan deskripsi. Dari data-data yang telah dipaparkan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan benda konkret dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV di SDN Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun Kota Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103528 |
Actions (login required)
View Item |