Pembelajaran menulis kalimat sederhana melalui media gambar di kelas II SDN Tumpang 03 Kabupaten Blitar / Ervina Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menulis kalimat sederhana melalui media gambar di kelas II SDN Tumpang 03 Kabupaten Blitar / Ervina Agustin

Agustin, Ervina (2010) Pembelajaran menulis kalimat sederhana melalui media gambar di kelas II SDN Tumpang 03 Kabupaten Blitar / Ervina Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin Ervina. 2010. Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana Melalui Media Gambar di Kelas II SDN Tumpang 03 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Alif Mudiono M.Pd (II) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd Kata Kunci media gambar kalimat sederhana hasil belajar Hasil observasi sementara menunjukkan bahwa guru SD dalam mengajar menulis kalimat sederhana tidak menggunakan media pembelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan kepada siswa dengan pemberian contoh kalimat oleh guru dilanjutkan dengan penugasan pada siswa untuk membuat kalimat secara tertulis untuk menulis beberapa kata menjadi kalimat pada buku tugas. Setelah pelaksanaan kegiatan ini siswa mengumpulkan hasil kerjanya dan diadakan penilaian oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran menulis kalimat sederhana melalui media gambar di kelas II SDN Tumpang 03 (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pembelajaran menulis kalimat sederhana melalui media gambar di kelas II SDN Tumpang 03. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan (action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Tumpang 03. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara sebagai berikut (1) pemberian angket/kuisioner (2) observasi (3) dokumentasi (4) wawancara (5) Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu mencakup reduksi data penyajian data dan pemberian kesimpulan. Penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada pra tindakan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 42% pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 62 % dan siklus II meningkat menjadi 100%. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dari sebelum pelaksanaan tindakan (pra tindakan) ke siklus I sebesar 20% dan peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 38 %. Saran yang diberikan agar hasil mengajar bisa maksimal di dalam pelaksanaan pembelajaran hendaknya guru pandai memilih media yang cocok untuk karakter materi. Salah satu media yang cocok untuk mengajarkan menulis kalimat sederhana adalah digunakannya media gambar. Adapun fungsi media gambar dalam proses belajar mengajar untuk mengembangkan kemampuan visual mengembangkan imajinasi anak membantu meningkatkan penguasaan anak terhadap hal-hal yang abstrak atau peristiwa yang tidak mungkin dihadirkan di dalam kelas dan mengembangkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103218

Actions (login required)

View Item View Item