Rumain, Irwan (2010) Peningkatan penguasaan konsep penjumlahan bilangan cacah melalui pembelajaran kooperatif tipe stad di kelas III SD Negeri pukul Kecamatan Kraton Pasuruan / Irwan Rumain. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rumain I. 2009. Peningkatan Penguasaan Konsep Penjumlahan Bilangan Cacah Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievment Divisions) Di Kelas III SD Negeri Pukul Kecamatan Kraton Pasuruan. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini M.Pd (II) Drs. H. Sutrisno S.Pd .M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif STAD Hasil Matematika SD. Pembelajaran konvensional dalam proses belajar mengajar guru sudah memberi kesempatan siswa untuk bertanya dan mengutarakan pendapat tetapi frekuensinya kurang. Untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa secara optimal dalam penguasaan konsep penjumlahan bilangan cacah dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievment Divisions). Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dalam membentuk penguasaan konsep penjumlahan bilangan cacah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di Kelas III SDN Pukul Pasuruan (2) untuk meningkatkan penguasaan konsep penjumlahan bilangan cacah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di Kelas III SDN Pukul Pasuruan Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan siklus model Kemmis dan McTaggart meliputi Perencanaan (Planning) Tindakan (Acting) Pengamatan (Observation) dan Refleksi (Reflecting). Subjek dan lokasi penelitian siswa Kelas III SDN Pukul Pasuruan yang berjumlah 45 orang dengan komposisi 19 orang siswa laki-laki dan 26 orang siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data penelitian ini dengan memberi tes pada setiap akhir siklus dan observasi pada saat proses belajar mengajar berlangsung serta wawancara setelah kegiatan belajar mengajar di kelas. Analisis data kuantitatif untuk mendiskripsikan karakteristik hasil tes belajar siswa dan analisis kualitatif data hasil aktifitas siswa melalui lembar observasi dan wawancara. Data hasil penelitian yang diperoleh adalah (a) Presentasi hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika Kelas III SDN Pukul Pasuruan sebelum penelitian tindakan yaitu sebesar 56 2% (b) Presentasi rata-rata hasil belajar siswa pada siklus pertama yaitu 68 6% (c) Presentasi rata-rata hasil belajar siswa pada siklus kedua sebesar 79 7% dari skor ideal 100. Semangat aktifitas dan tanggungjawab siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar sangat tinggi (skor tertinggi 90 pada siklus I meningkat menjadi 95 pada siklus II). Hasil skor aktivitas guru dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I sebesar 73% meningkat menjadi 91% pada siklus II. Dari hasil penilitian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Ini berarti bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dapat digunakan sebagai bahan kajian bagi peneliti lanjutan sehingga dengan demikian dapat menyempurnakan dan mengembangkan hasil penelitian yang telah ada khususnya berkaitan dengan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102528 |
Actions (login required)
View Item |