Pratiknyo (2005) Hubungan bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA di SDN se - Kepengawasan Sukun VII Kota Malang tahun pelajaran 2003 - 2004 semester II / oleh Pratiknyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ilmu PengetahuanA lam (IPA) berupayau ntuk mengembangkan kemampuadna n sikap rasionalt entang gejala-gejalas osials ertak emampuan tentangp erkembanganm asyarakatI ndonesiad an masyarakadt unia di masa tampaud an masah ni. tu.luan dari ilmu ini adalaha ) mampum emberikan perbekalante ntang- otroiio dan seluk beluk kehidupannyab ) mampum embina iesadarank eyakinand an sikap pentingnyab rmasyarakatdenSan-g entlff asa kebersamaadna n bertanggungiawabc ) mampum embinak etrampilanh idup bermasyarakadt alamn egaraIn donesiay ang berdasarkanP ancasila d and ) mampu membina perbekilan dan kesiapan siswa untuk belajar lebih lanjut atau melanjutkanst udik ejenjangy angl ebih tinggi. Di sini p rano rangt ua sangat diperlukand alamm embimbings isrrya Permasalahayna ng seringm uncul adalah l ) bagaimanakahb imbingn belajary angd iberikano leh orangt ua siswak elasI V sDN Ciptomulyos e fepengawaia Sukun VII Kecamatansukun Kota Malangdi rumah 2) bagaimanakaphre stasbi elajars iswak elasI V sDN Ciptomulyos eK epengawasan Suiun VII Kecamatan Sukun Kota Malang dalam mata pelajaran IPA pada semesteIrI I tahunP elajaran2 00312004D a n 3) bagaimanah ubungan bimbingan orang tua di rumah terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN Ciptomulyo se KepelrgawasaSn ukun VII kecamatanS ukunK ota Malang dalammatap elajaran en paaas emesteIrI tahunP elajamn2 ffi312m4 Sedangkantu juan dari penelitiani ni menjawabk etiga permasalahadni atas Penelitian i merupakan penelitian jenis kuantitatif korelasional dengan menggunakamn etodea ngket l vawancarad an dokumentasiA nalisis menggunakapnr oductm omentd enganb antuanS PSSI 1 0 for windows Hasil perhitungan untuk mengetahui tingkat variabel (X) tentang bantuan bimbinganb eiajary angd iberikano leh orangt ua menghasilkavna ribelX imlah N SS i itai minimumi iurnlattm aksimum2 9 be4nrnlahk eseluruhan1 209 d an rata-rata2l 98. sedangkanv ariabel (Y) menghasilkanr ata-rata7 736.S edangkanb antuan bimbinganG tuj- y-g menjawabja rang sebanyak9 orangd ari 55 orang t16 4 .6 yangm enjawabs erings ebanyak2 4 orangd ari 55 orang( 43 6%) d an yu g oJnju uUs angast erings ebanyak2 2 orangdari5 5 orang(40o/oD).e ngan 6 i n f.grur AnalisisS PSS1 1 0f or windowsm enghasilkakno relasi. (pearsonc o-nelation)s ebesa0r 860 d an sig (2-tailed)0 000.H asil analisis dapatd ilihat padal ampiran.K arenar hasil0 860 r tabeld enganta rafsignifikasi 5o)om enghasilkano Zi6 makam enolakH o yaitu ada hubunganb imbingn belajar I II 4 fi i ffi ffi it Irl [[ t I orangtu a terhadapp restasbi elajars iswak elasi V SDN Ciptomulyos e fepeingawasaSn ukunV II KecamatanS ukunK ota Malang dalam pelajaranI PA. -nari penelitiani ni dapatdisimpulkabna hwaB imbinganb elajars udah sering dilakuakn oleh orang tua terhadap siswa pada mata pelajaran IPA semester II tahL pe o jaran2003200H4a. l ini diketahuid ari hasila nalisad eskriptif bantuan -Ui Lingun belajar orang tuamenunjukkan frekuensi 24 ( 6a/o) menyatakanre ing 2)Prestasib etajars iswap adam ata pelajaranI PA semesteIrI Ahunp elajaranZ OIIZOOCm enunjukkanh asil yang baik. ltul ini diketahui dari hasifa nalisab ahwar ata-ratan ilai belajars iswaa dalah7 .736.3)A da hubungan bimbinganb elajaro rangt ua di rumaht erhadapp restasib lalars isrvap adam ata plajarinlPA semesterU tuhun plajaran2003/2004. Hal ini diketahuid ari hasil anatlsisS pss 11.0f or Windowsm enghasitkakno relasi( PersonC onelation) sebesa0r 860 (Sig 2 tailed0 000).S ebagaoi rangt ua hendaknyad apatmemberikanw aktu dan prhatianterhadap anakd i dalammembimbingd an mengarahkahni dup sertak ehidupannyas. ehinggaa nak dapatm emiliki kepircayaandiri dan bertingkah laku dengan baik sesuai dengan ilmu p ng tah n keterampilan dan sikap yangadadi masyarakat Orangfin i]rnJutnyus elalum emantaup erkembangananakdaonr angt ua hendaknyas ering berkomunikasdie nganw ali kelasl ebih ditingkatkanD. iharapkano rangt ua lebih meningkatkanb imdinganb elajara nakd i rumahk arenas angatb erpengaruh terhadip hasil prestasibelajara nakk arenad enganp emberianb imbingany ang baik dan teratur maka da[atmeningkatkan hasil prestasi belajar anak seh_ingga apay angd iinginkan dapaftercapais esuaid engant ujuan. P_erkembangailmn u p.n tu[ n iun t tnoiogi berkembangp esat u ntuk itu diharapkanp aras iswa ug .p yaiminataanteinginanuntulcbetajaryangtekundanrajindemi keberhasilan. li
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Nov 2005 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2005 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102401 |
Actions (login required)
View Item |