Hubungan minat baca komik dengan kemampuan memahami makna kata siswa sekolah dasar kelas VI kecamatan Pare, Kediri tahun ajaran 2001/2002 <BR>oleh Titik Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan minat baca komik dengan kemampuan memahami makna kata siswa sekolah dasar kelas VI kecamatan Pare, Kediri tahun ajaran 2001/2002 <BR>oleh Titik Wulandari

Wulandari, Titik (2002) Hubungan minat baca komik dengan kemampuan memahami makna kata siswa sekolah dasar kelas VI kecamatan Pare, Kediri tahun ajaran 2001/2002 <BR>oleh Titik Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK WulandariT itik.1997. HubunganMinat Baca Komik denganK emampuan MemahamiMqknaKataS iswaS elcolahDasaKr elasW Kecamdan Pare K ediri TahunA iarot 2001/2002 S lripsi JunrsanP endidikan Bahasad an SastraI ndonesi4 FakultasS astg UniversitasN egeri Malang Pernbimbang(D Drs. H. SolchanT .W. ([) Dra NruchasanallM .Pd- Kata kunci minat baca kemampuan memahami komilq makna kata korelssi (hubungan) Minat bacas ebagabi agan dari unsrr kejiwaany ang abstra kehadirand an keberadaannysae lalut etkondisikano leh aspek-aspeikn tcrnal mauprure kstcrnal. Arpeki ntenul menyebabkantim bulnya motivasi intrinsilq yaitu motivasiy ang umbuhd ari datan dhi penrbacas dangkana spoke kstemalb rloitan dengn motivasyi ang timbul akibat pe ngondisiarnx rsurd i luar pcmbaca Kemampuanm ematramsi elalud ikaitkan de ngank orteks. Dengan . dikaitkannyako nteksi ni dapatm embantus iswat mtuk menafsirkanm aknaa tau maksuds uatuk ata. Selaini tq siswaj uga dituntrt rmtuk berpikir s caraa ktif. Untukmeinmrbuhkm minat bacayang tinggi pada anakusia sekolah dasar kita hanrs memilihkan bacaan yang sesuai kar na materi bacaan terssbut men ntukan tingkat pematnman makna kata anak. Oleh karcna itg batran bacaan dalam penelitian ini adalah komilq karena komik memberikan penyajian benhrk yang menarik dengan menghadirkagna mbard an warnay ang dirancangr mtuk memberikanh iburank epada pembac4d an s dikit bahasa s ehinggam emudahkana naku ntuk memahamiis i komik tersebut. Minat bacay ang tinggi dapatm Omperkaypae nguasaakno sakatat erutama yangb erkaitand enganm aknak ata. Seseorangm enguasaki osakatay ang banyaka kan memudahkadni rinya dalamm enangkapd anm emahamin formasiy ang tertuang dalamb acaanb egitujug dalamk egiatanb rpikir mendengarkaqb erbicara d an meirulis. Peirelitiani ni bertujuanu ntuk mernperolehd eskipsi tentang( 1) minat baca komik dri s gt( a) pilihan isi bacaaruQ ) kerukaanm ernbac4( c) keseringm rnenrbacad a n (d) faktor pendorongm ernbac4( 2) kemampuanm emahammi akna kata dari segr (a) makna leksika[ (b)makna granatikal (c) makna denotati (d) makna konotatif dan (e) makna kontekstruf dan (3) hubungan minat baca komik dengank emampuanm emahammi aknak ata siswas ekolahd asark elaeW Kecamatan Pare Kediri tattur ajaran 2001/2002. Berdasarkantu juany ang akand icapaid alamp enetitiani ni metodey ang digunakand alamp e nelitianin i adalahm etoded oskiptif korelasional.M etode dcskiptif dipakair mtuk mendeekriprikanm inat bacas igwat erhadapk omik dan mendeskripsikanke mampuang iswad alamm ematrammi aknak at4 sodangkan metodck orelasionald ipakai untuk me ngorelasikaann taram inat bacat rhadapk omik dergank emampuanm emalumi maknak ata. Adapm datap enelitianb erupad ata ul tcntangm inatb acak omik yang diperolehd enganm flggunrkarr teknik angkety ang b rbentuikn ventorid an dalat entangk enramprunm ernatrammi aknak atay ang diperolehd enganm enggunakante knik tes yang berbeirtukt es objclrif. Keduad ata troebutd ianalisisd cnganp engolahans kor maring-masingvariabedl an hasilnya dikorelaeikadne ngant eknik korelasip roduct moment. Ilasil pendeskripsianm inat bacak omik dalan kaitannyad enganp ilihan isi bacaary anga d4 siswam ernpunyami inat bacak omik tinggi padac erita lncu dongan jumlah 177 siswa sampcl (81 5%) dan cerita petrulangan detrganjumlah 173 siswa umpel (79 7%) s edangkanu ntr kesukaanm embacas ectra kuantitatif dipaparkan bahwas iswat crmasukk ategoric ukup denganp erl Nrtas3e0 %. Semmtarait q untuk lcseringanm enrbacas ecitf ak uantitif dipaparkanb ahwas iswat eflnasukk atego ri rcndahd enganp srsqrtase3 60Ad ar.s iswam eiuprmyaim inat bacat inggi denganf aktor pcndorongm embacaa dalahu nhrk hiburand an tertadk denganc eritanyad engan jumlah 193 siswa sampel (88 906). Berdasarkank it ria keberhasilany ang digrmakaqy aitujika 600los iswa sampeml emperolehn ilai 6 ke atasm akas iswas arrpeld ikatakanm ampum enguasai maknak ata.D ari hasilp enelitiand apatd iketahuib atrwa2 17 siswas anrpeyl ang dijadikano bjek penelitiaq siswam ampum enguasami aknal eksikal eebanyak8 l (37 Th) siswam ampum enguasami aknag ramatikals ebanyak1 32 (60 7%) s iswa numpum nguasami aknad eirotatif sebanyak2 02 (93Vo) s iswam arnpum eirguasai maknak onotatif sebanyak1 98 (91 2%) d an siswam ampum enguasami akra komtelatuasle banyak1 98( 91 2%). Dari hasil pendeskipsian minat baca komik dengan kemanpu.m mecratunri maknale ksikald iperolehk oefisien korelasis ebesaQr 057 sedangkanr tabel sebesar 0 138.D e4gand e nrikian d apatd iketahuib ahwar hitung r tabel sehinggod apat disimpulkanb ahwaa ntaram inat bacak omik dengank emarnpuanm snahamim akna leksikalt idak tcrdapath ubrmgany ang rignifikan. Dari hasil penderkripsianm inat baoak omik dengank emampuanm emahammi aknag ramatikald iperolehk oefisi Nr kqelasi sebesa0x 141 sedangkanr tabel sebesa0tr 138.D engand emikiaq dapat diketatrubi atrwar hitung r tabel sehinggad apatd isimpulkanb ahwaa ntaram inat bacak omik dengank emanrpuanm e lnatrammi aknag ramatikalt erdapath ubungan yangs ignifikan-D ari hasil pendeskripsianm inat bacak omik dengank ernampuan memaharnmi aknad enotatifd iperolehk oefisienk orelasis ebesa0r 042 sedangkan r tabels ebesa0r 138.D engand cmikiaq dapatd iketatruib atrwar hitrmg r tabel sehinggad apald isimpulkanb atrwaa ntaram inat bacak omik dengank emaurpuan memahafidm eknad enotatift idak t rdapath ubungany ang signifikan. Dari hasil pendeskripsinminat bacak omik deirgank emanrpuanmenuharnrin aknak onotatif diperolehk oefieienk orelasis ebosa0r 179 sedangkanr tabel sebesa0r 138.D engan dErtikiaq dapat diketahui bahwa r hitrmg r tabcl rahingga dapat disimpulkan bahwa antaram inat bacak omik dengank emampuanm emalufiri maku konotatif terdapat hubugan yurg sigrrifikan. Dari hasil pendeslripsian minat baca komik dengan kemampuanm ernahammi aknak ontekstuadl iperolehk oefisie nk orclasi sebesa0r 218 sedangftarn tabel sebesa0x 138.D engand emikian d apatd ikeiatlui bahwar hinmg lv rtabels ohinggad apatd isimpulkanb ahwaa ntaram inat baaak omik dengan tcmampuanm ematrammi aknak ontekstualt erdapath ubungany ang signifikan. Sccarau mun hubunganm inat bacak omik dengank emampuanm emalrami maknak atad iperolehk oefrsiqr korclasi sebesa0r 155 sedangkanr tabel sebesar 0 138D. qtgand emikiaq dapatd iketahuib atrwar hitwrg r tabel sehinggad apat dirfunpulkabna hwaa ntaram inat bacak omik dcngank emampuanm omahammi akna tcrdapaht ubungany ang sigrrifikan Penelitianin i ditrarapkanb ermanfaabt agi punbacat Nutambaa g p nSajax. Pengajadr apatm empenganrtrmi erangsangd an memotivasis iswau ntuk meningkatkamn inat bacam erekas ehinggad apatm cmpcrkayap enguitsaanko sakata bahashad onesiat erutamay ang berkaitand enganm aknak ata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Apr 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10107

Actions (login required)

View Item View Item