Hasanah, Iswatun (2002) Pemerolehan kalimat bahasa Indonesia tulis sebagai bahasa pertama siswa kelas III SD <BR>oleh Iswatun Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK I asanahI s watun 2D0l/2002.P emerolehanK alimu BahasaI ndonesia Tulis sebagai Balwsa Pertama Siswa Kelas III SD. Slripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastrq Universitas Negeri Malang. Pembimbing(l ) Drs.O scarRusmadjMi . Pd ( 2)Dra.T itikllarsiati M. Pd. Kata kunci Pemerolehabna hasas iswak elasI II SD kalimatb ahasaIn donesiatu lis. Pemerolehakna limatb ahasaIn donesias ebagabi ahasap ertamap adaa nak dapatd ikatakanm erupakans uatug ejalat ingkat penguasaanp ola kalimat bahasa Indonesipaa dat ingkatu siat ertentu.P olak alimaty angt elahd ikuasaai nakm emiliki karalleristik tert ntuy ang membedakannyad enganp ola kalimat yangd ikuasaia nak remaja dan orang dewasa Pola kaidah yang dikrlasai anak SD pada tingkatan tertentu dapatd idugas ebagapi ola kaidahy ang bersifat sementara. Penelitian P emerolehakna limatb ahasaIn donesiatu lis sebagabi ahasa pertamas iswak elasI II SD secarau mumb ertujuanu ntukm emperolehd eskripsi objektiftentanpge merolehakna limatb ahasaIn donesiay angt erdapadt alamk arangan sisunake lasI II SD yang dikhususkanp adaa speks intaksisp adat atarank alimat. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahura (l) dalam Bahasa Indonesia terdapatjenis-jenkisa Umat( 2) BahasaIn donesias udahd iajarkanp adas iswak elas III SD (3) siswak elas III SD yang berbahasap ertamab ahasaI ndonesias udah memperolejhe nis-jenisk alimatb ahasaIn donesias ecaraa lami d an( 4) keterampilan menulis sudah diajarkan pada siswa kelas III SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deslriptif Data yangd igunakans dalah karangany ang dihasilkano leh siswak elasI II SD Negeri Jetis III Lamongan. Hasilp enelitianin i menunjukkanb ahwaje nis-jenisk alimatb ahasaIn donesia telah diperoleh siswa kelas III SD. Jenis kalimat tersebut antara lain (1) kalimat berdasarkarne sponsiy ang diharapkan ( 2) kalimat berdasarkans ifal hubungana ktoraksi d an (3) kalimat berdasarkans truhumya. Kalimat bahasaI ndonesiab erdasarkan responsyia ngd iharapkany angd iperolehs iswak elast II SD adalah( l) kalimatb erita (2) kalimat pertanyaand an (3) kalimat perintah.K alimat berita yang diperoleh adalahk alimat berita tunggald an majemuk.K alimat pertanyaany ang diperoleh adalahk alimat pertanyaand enganm cnambehkank ata-katat any4 menggunakan intonasi tanya menambahlnnkza opa (-kth) dan bufun (-kah)- Kalimat perintah yangd iperoleha dalahk alimatp erintahy angs ebenarnydaa na jakan. Adapunk alimat bahaErI ndonesiab erdasarkans ifat hubungana ktor-aksiy ang diperolehs iswak elasI II SD antaral ain (l) kalimata ktif dan( 2) kalimatp asif. Kalimata ktif yang diperoleha dalahk alimat yang predikatnyab erafiksm ely - b erafiks I II ber- dankalimat y angp redikatnyati dak berimbuhan(v erbaa us).K alimatp asify ang diperoleha dalahk alimaty angp redikatnyab erprefiksd i-. Sementarait u kalimat bahasaln donesiab erdasarkans truktumyay ang diperoleh siswa kelas Iu sD adalah (l) kalimat netnal (2) kalimat inversi dan 13)k alimatp ermutasiK. alimat netraly angd iperoleha dalahk alimaty angb erpola s-P s-P-O S -P-K d an S-P-O-K.K alimat inversiy angd iperoleha dalahk alimaty ang berpolaP -S K -P-S P -O-S d anP -S-O.K alimat permutasyi angd iperoleha dalah kalimat yang berpola K-S-P K-S-P-O S-K-P-O K-S-P-K dan K-S-P-O-K. Pemerolehank alimat-katimatt ersebutd i atas rnerupakanb ukti baltwas iswa kelasI II SD telahm enguasaki aidahp embentukakna limatb ahasaIn donesiad engan baik.A rtinya k alimat-kalimayt angd ikunsais iswak elasI II SD tersebutte lahc ukup digunakan untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari dengan mitra tuturnya sesuai dengan karakter bahasa anak yang diperoleh. Kemampuan kalimat bahasa Indonesia tenebut didasarkanp adap ola dan aturank ebahasaayna ng telah dikuasaia naks esuai denganti ngkatp engalamaann akd enganli ngkungank ebahasaannya. Berdasarkanp enelitiani ni ada beberapas arany ang dapatd isampaikan kepadab erbagaip ihak sebagati indak lanjut hasil penelitiani ni. Saran-saranya ng 6lig13tr5ndkaann taraL ains epertib erikut. Pertam4 penyusunk urikulum dan buku t ks disarankans upaya mempertimbangkank elengkapand en urutan peinerolebank alimat bahasaIn donesia tulis siswak elasI II SD berdasarkanre sponsiy ang diharapkan b erdasarkans ifat hubungana klor-aksi d an berdasarkans trukturnya s ehinggas esuaid engank eadaan siswa danjenjang materi yang disusun dapat s suai dengan perkembangan pemerolehanb hasa siswa. Kedua guru bidang studi BahasaI ndonesiad isarankanh endaknya mendasarkapna daje nis-jenisk alimatd anp ola-polak alimaty angd iperolehs iswa subjekp enelitianin i dalamm embuabt ahan m enyajikand alamk elasd an penilaiannyas ecarain tegratil baik untukp okokb ahasank hususte ntangk alimat maupuna spekb ahasay ang lain Dengand emikiaru penyajianp engajaranB ahasa tndonesiad i SD dapat( I ) sesuaid enganp enguasaansi swat erhadapm ateny ang diperolehd an( 2) sesuadi enganjenjangk esulitand alamp emerolehabna hasa Ketiga p enelitid anp engkajim asalahp emerolehabna hasaIn donesia disarankans upayam engadakanp enelitianl ebih lanjut dari penelitiani ni karena pemerolehanb ahasam asihp erlu diteliti untuk membuktikans ecaraa kural Penelitian lanjutant ersebrCd isannkan agarl ebih memperluasin ferrralt ingkat kelasa tauu sia dari siwa Di sampingi tu penelitianl anjutand iharapkanm enggunakanm etodey ang berbedad enganp enelitianin i.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Feb 2002 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2002 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10098 |
Actions (login required)
View Item |