Keterpaduan bentuk-bentuk latihan dengan aspek-aspek pembelajaran dalam buku teks bahasa Indonesia untuk SMU kelas 1 terbitan Balai Pustaka <BR>oleh Moch. Imam Khasan - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterpaduan bentuk-bentuk latihan dengan aspek-aspek pembelajaran dalam buku teks bahasa Indonesia untuk SMU kelas 1 terbitan Balai Pustaka <BR>oleh Moch. Imam Khasan

Khasan, Moch. Imam (2000) Keterpaduan bentuk-bentuk latihan dengan aspek-aspek pembelajaran dalam buku teks bahasa Indonesia untuk SMU kelas 1 terbitan Balai Pustaka <BR>oleh Moch. Imam Khasan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bentuk-bentuk latihan merupakans alahs atu aspekp embelajarany ang ada dalam buku teks bahasa Indonesia. Bentuk-bentuk tatltran ini penting irtrnya bagi keefektifan pembelalaran bahasa Indonesia- penggunaan bentuk latihan dalam buku teks dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan proses berpikir siswa. oleh karena itulah bentuk-bentukl atihan tersebuts eharusnyare levan d.ngun Kurikulum 1994 yang senafasd enganw a-wasa wn futle languuge- Penelitiani ni bertujuanu ntuk mendapatkand esknpsio bjektiftentangk eterpaduan bentuk-bentukl atihan dengana spekp embelajarany angi ain dalam buku teks bahasaIn donesiaS MU kelas I Kurikulum 1-q94te rbitanB alai pustaka.D alam penelitiani ni d.rteliti( l) keterpaduanb entuk-bentukla tihand engana spekb acaand alams atu pembelajaran dan (2) keterpaduan berituk-bentuk latihan dengan aspek keterampilan berbahasa. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Data penelitian diperoleh dalam buku teks bahasa Indonesia SMU kelas I Kurikulum 1994 terbitan Balai Pustaka. Data penelitian berupa paparan verbal bentuk-bentuk latihan pada pelajaran 1 9 dan 15. Instrumenu tama dalam pengumpuland an analisisd ata penelitiani ni adalah peneliti. Dalam mengumpulkan data digunakan tabel pengumpulan data yang berisi paparand ata dan kodifikasi data. Penganalisisand ata dipandu-oletrp anduana nalisis data yang disesuaikan dengan kerangka teori. _ Keterpaduan bentuk-bentuk latihan dengan aspek bacaan ditemukan tiga tingkatan keterpaduan yakni_ (1) terpatru (2) kurang terpadu dan (3) titlak tirpctetlu. Frekuensi indikator bentuk latihan yang terpadu dengan aspet bacaan ditemukan 3% dalam data penelitran. Frekuensi indikator bentuk latihan yang kurang terpadu dengan aspek bacaan ditemukan 60oh dalam data penelitian. Frek uensi indikator bentuk latihan yang tidak terpadu dengan bacaan drtemukan 3 /o/o dalam data penelitian. Berdasarkan hasil penghitungan tersebut disimpulkan bahwa keterpaduan bentukbentuk latihan dengan aspek bacaan dalam satu pembelajaran cenderung pada tingkatan kurang terpaCu. Keterpaduan bentuk-bentuk latihan dengan aspek keterampilan berbahasa ditemukan tiga tingkatan keterpaduan yakni (r) terpaiu (2) k roig terpadu dan (3) tiduk terpatlu Frekuensi indikator bentuk latihan yung t rpui dengan aspek keteramprlan berbahasa ditemukan 3o/o dalun data penelitian. - Frekuensi indikator bentuk latihan yang kurang terpadu dengana spekk eterampilan berbahasad iternukan 1 l l 58% dalam data penelitian- Frekuensi indikator bentuk latihan yang tidak terpadu dengan aspek keterampilan berbahasa ditemukan 39% dalam data penelitian Berdasarkan hasil penghitungan tersebut disimpulkan bahwa keterpadrnn bentukbentuk latihan dengan aspek keterampilan berbahasa cenderung pada tingkatan kurang terpadu. saran-sarany ang dapatd ibenkan disajikan benkut ini (l) Bagi guru bidang studi bahasa dan sastra Indonesia hendaknya memanfaatkan temuan peneirtian ini se_ bagai dasar pemi[han bentuk tatihan yang terpadu baik dengan asp k ba.ron maupLrn keterampilan berbahasa (2) Bagi pengembang buku teks hendaknya memanfaatkan temuanp enelrtiani ni sebagabi ahanp enyempurnaanb entuk-bentukl atihany ang kurangd an tidak terpadud engana spekb acaanm auprn aspekk eterarnpilanb erbahasa. (3) Bagi peneliti selanjutnva temuan penel itian ini dapat dinranfaatkan untuk mengembangkansu atum odel bentukl atihany ang terpadud engana spekb acaand an keterampilanb erbahasas ehinggak ualitasb entuk-bentukla tihand alamb uku teks bahasa Indonesiad apatd itingkatkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Mar 2000 04:29
Last Modified: 09 Sep 2000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10087

Actions (login required)

View Item View Item