Pengembangan media video pembelajaran bahasa gambar Jurusan Teknik Animasi dan Grafis Komputer STT STIKMA International Malang / oleh Agung Tri Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran bahasa gambar Jurusan Teknik Animasi dan Grafis Komputer STT STIKMA International Malang / oleh Agung Tri Widodo

Agung Tri Widodo (2009) Pengembangan media video pembelajaran bahasa gambar Jurusan Teknik Animasi dan Grafis Komputer STT STIKMA International Malang / oleh Agung Tri Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar dan merupakan bagian integral dari keseluruhan komponen pembelajaran yang menempati posisi penting dan akan turut menentukan keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran. Dengan media pembelajaran maka proses pembelajaran akan berjalan lebih efektif. Pengembangan ini bertujuan merancang dan membuat produk sajian mata kuliah pada Jurusan Teknik Animasi dan Grafis Komputer STT STIKMA International Malang angkatan 2003 dalam bentuk media video pembelajaran. Sedangkan materi yang tertuang dalam media video pembelajaran yang dikembangkan ini adalah materi tentang pokok bahasan bahasa gambar yang terdiri dari ukuran dan gerakan gambar pada Mata Kuliah Videografi Jurusan Teknik Animasi dan Grafis Komputer STT STIKMA International Malang angkatan 2003. Pengembangan ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Pengembangan terlaksana dengan terlebih dahulu dilakukan kegiatan validasi pada ahli media ahli materi audiens perorangan audiens kelompok kecil dan kelompok besar (lapangan). Untuk menentukan tingkat validitas produk media pembelajaran yang dikembangkan ditempuh tahap uji coba 15 orang mahasiswa pada Jurusan Teknik Animasi dan Grafis Komputer STT STIKMA International Malang angkatan 2003 sebagai audiens. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh harga thitung sebesar 7 99 dan d.b 14 selanjutnya dilakukan penelaahan pada ttabel dengan taraf kepercayaan 95% (taraf signifikan 5%). Setelah diperbandingkan antara ttabel 2 145 dengan harga thitung 7 99 diketahui 7 99 2 145 artinya thitung lebih besar dibandingkan ttabel. Sehingga menerima hipotesis (H1) yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa sebelum dengan sesudah menggunakan media video pembelajaran. Saran yang diajukan hendaknya produk media video pembelajaran yang telah dikembangkan ini ditindak lanjuti dalam kegiatan pasca pengembangan pada hal-hal yang berkenaan dengan nilai kemampuan terapan dan kontribusi media terhadap aspek-aspek pembelajaran secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10

Actions (login required)

View Item View Item