Klasifikasi tembang macapat dengan metode naive bayes berdasarkan perhitungan jumlah karakter / Nimas Hadi Atmaja - Repositori Universitas Negeri Malang

Klasifikasi tembang macapat dengan metode naive bayes berdasarkan perhitungan jumlah karakter / Nimas Hadi Atmaja

Atmaja, Nimas Hadi (2019) Klasifikasi tembang macapat dengan metode naive bayes berdasarkan perhitungan jumlah karakter / Nimas Hadi Atmaja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Atmaja Nimas Hadi. 2019. Klasifikasi Tembang Macapat dengan Metode Na ve Bayes Berdasarkan Perhitungan Jumlah Karakter. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing. (I) Aji Prasetya Wibawa S.T. M.M.T. Ph.D. (II) Ilham Ari Elbaith Zaeni S.T. M.T. Ph.D. Kata Kunci Klasifikasi Tembang Macapat Na ve Bayes Tembang Macapat termasuk genre sastra Jawa dengan bentuk puisi yang dipakai menjadi sebuah media pendidikan dalam kehidupan sehari-hari untuk masyarakat Jawa. Tembang Macapat sendiri terdiri dari 11 jenis tembang. Jenis-jenis tembang macapat antara lain Maskumambang Mijil Kinanthi Sinom Asmaradana Gambuh Dhandanggula Durma Pangkur Megatruh Pucung. Untuk dapat mengetahui jenis-jenis tembang macapat terdapat beberapa aturan. Aturan-aturan tersebut antara lain guru gatra guru lagu dan juga guru wilangan. Namun juga terdapat beberapa tembang yang tidak mengikuti aturan-aturan yang ada. Selain itu terdapat juga tembang yang aturannya mendekati satu sama lain dan membuat tembang sulit untuk diklasifikasikan jenisnya. Untuk itu diperlukan sebuah sistem klasifikasi tembang macapat untuk memudahkan dalam pengenalan jenis-jenis tembang. Sistem klasifikasi yang akan dibagun pada penelitian ini menggunakan metode Na ve Bayes. Penelitian ini menggunakan 88 tembang macapat. Tembang macapat tersebut akan dibagi menjadi dua. Sebanyak 66 tembang akan digunakan sebagai data latih dan 22 tembang akan digunakan sebagai data uji. Proses klasifikasi tembang macapat ini akan melalui tahapan preprocessing yang diantaranya adalah menghitung jumlah baris penghilangan spasi menghitung jumlah karakter dan menentukan huruf vokal terakhir perbarisnya. Sedangkan untuk proses Klasifikasinya akan melalui tahapan menghitung jumlah probabilitas untuk metode Na ve Bayes dan juga Laplacian Smoothing untuk menghindari nilai 0. Perhitungan kinerja metode Na ve Bayes akan dihitung dengan menggunakan confusion matrix yang akan menghasilkan tiga output yaitu accuracy precision dan recall. Metode Na ve Bayes memiliki kinerja dengan accuracy 85 22% precision sebesar 85 22% dan recall sebesar 86 72%. Kinerja metode Na ve Bayes pada klasfikasi tembang macapat ini juga diujikan pada data yang lain yaitu tembang macapat pada Serat Wedhatama sebanyak 50 tembang. Hasil accuracy yang dihasilkan mencapai 92 % precision sebesar 92% dan recall sebesar 98 18%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99036

Actions (login required)

View Item View Item