Tata kelola keuangan desa dalam perspektif good governance / I'In Ni'matus Solicha - Repositori Universitas Negeri Malang

Tata kelola keuangan desa dalam perspektif good governance / I'In Ni'matus Solicha

Solicha, I'in Ni'matus (2020) Tata kelola keuangan desa dalam perspektif good governance / I'In Ni'matus Solicha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Solicha I in Ni matus. 2019. Tata Kelola Keuangan Desa Dalam Perspektif Good Governance. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sri Pujiningsih S.E. M.Si. Ak Kata Kunci Tata Kelola Keuangan Desa Good Governance Kualitatif Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan tata kelola keuangan desa X Y dan Z dalam perspektif good governance. Good governance merupakan penyelenggaraan pemerintahan desa yang berkaitan dengan interaksi sosial antara pemerintah desa dengan masyarakat tanpa ada penyalahgunaan kewenangan dalam pemanfaatan sumber daya dan sesuai dengan landasan hukum yang berlaku. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelenggaraan good governance pada kegiatan tata kelola keuangan desa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretif. Data diperoleh dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah desa X Y dan Z. Teknik analisa data yang digunakan yaitu diawali dengan reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan authenticity dan analisis triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desa X telah menerapkan prinsip good governance dalam tata kelola keuangan empat dari enam prinsip good governance terdapat permasalahan dalam penerapan. Empat prinsip yang mengalami permasalahan dalam penerapan adalah transparan akuntabilitas kepastian hukum efektivitas dan efisiensi. Sedangkan prinsip yang telah diterapkan dengan tanpa ada permasalahan adalah partisipasi dan kepastian hukum. Desa Y telah menerapkan prinsip good governance dalam tata kelola keuangan desa dimana semua prinsip telah diterapkan tanpa ada permasalahan. Desa Z telah menerapkan prinsip good governance dalam tata kelola keuangan desa lima dari enam prinsip good governance telah diterapkan tanpa ada permasalahan oleh desa Z. Lima prinsip tersebut adalah partisipasi transparansi berorientasi pada konsensus akuntabilitas dan kepastian hukum. Sedangkan satu prinsip yang mengalami permasalahan dalam penerapan adalah prinsip efektivitas dan efisiensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98752

Actions (login required)

View Item View Item