Pengaruh gender dan status sosial ekonomi terhadap persepsi etis mahasiswa Akuntansi melalui love of money / Lutfiah Indah Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gender dan status sosial ekonomi terhadap persepsi etis mahasiswa Akuntansi melalui love of money / Lutfiah Indah Kurniawati

Kurniawati, Lutfiah Indah (2019) Pengaruh gender dan status sosial ekonomi terhadap persepsi etis mahasiswa Akuntansi melalui love of money / Lutfiah Indah Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Lutfiah Indah 2019. Pengaruh Gender dan Status Sosial Ekonomi terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi melalui Love of Money. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sawitri Dwi Prastiti S.E. M.Si. Ak. Kata kunci Gender Status Sosial Ekonomi Persepsi Etis Love of Money. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh gender dan status sosial ekonomi terhadap persepsi etis mahasiwa akuntansi melalui love of money. Data penelitian ini diperoleh dari angket/kuesioner yang dibagikan kepada 143 mahasiswa S1 Akuntansi semester 8 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS melalui software warpPLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gender dan status sosial ekonomi dapat berpengaruh langsung terhadap love of money dan persepsi etis maupun berpengaruh tidak langsung melalui love of money terhadap persepsi etis mahasiswa Akuntansi. Keterbatasan dari penelitian ini yaitu (1) nilai Adjusted R-square variabel gender status sosial ekonomi dan love of money terhadap persepsi etis sebesar 34 2% (2) nilai Adjusted R- variabel gender dan status sosial ekonomi terhadap love of money sebesar 10 4% (3) penelitian hanya dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sehingga ruang generalisasinya sempit dan (4) terbatasnya bahan rujukan karena penelitian mengenai persepsi etis mahasiswa akuntansi melalui love of money masih sedikit dilakukan. Sehingga disarankan untuk (1) para pendidik/dosen membuat strategi pembelajaran yang dapat mengasah sensitivitas etis mahasiswa akuntansi (2) peneliti selanjutnya menggunakan kasus etika yang dekat dengan kegiatan sehari-sehari mahasiswa seperti menyontek plagiasi dll. dan (3) memperluas wilayah penelitian selanjutnya agar ruang generalisasinya menjadi lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98751

Actions (login required)

View Item View Item