Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan UMKM akan penggunaan informasi keuangan / Eva Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan UMKM akan penggunaan informasi keuangan / Eva Nurhayati

Nurhayati, Eva (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan UMKM akan penggunaan informasi keuangan / Eva Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhayati Eva. 2019. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan UMKM Akan Penggunaan Informasi Keuangan. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sawitri Dwi Prastiti S.E. M.Si. Ak. Kata kunci Penggunaan Informasi Keuangan Tingkat Pendidikan Skala Usaha Umur Usaha dan Etika Bisnis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kebutuhan UMKM akan penggunaan informasi keuangan. Latar belakang dari penelitian ini adalah informasi keuangan dianggap penting untuk mengetahui kondisi usaha secara relevan tetapi banyak pelaku UMKM yang belum membuat catatan keuangan karena dianggap merepotkan. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebar angket. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Sampel penelitian ini adalah anggota Paguyuban Pengrajin Bubut Kayu Kelurahan Tanggung Kota Blitar yang berjumlah 82 orang. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis Spearman Rank-Order Correlation Coefficient rs. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan skala usaha umur usaha dan etika bisnis berpengaruh positif terhadap penggunaan informasi keuangan. Keterbatasan pada penelitian ini yaitu setiap indikator skala usaha yang menunjukkan hasil berbeda sehingga tidak dapat diambil kesimpulan secara bersamaan dan pelaku UMKM yang masih membuat catatan keuangan sederhana tidak sesuai EMKM. Pemerintah disarankan untuk memberikan penyuluhan mengenai pentingnya penggunaan informasi keuangan bagi perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan variabel skala usaha sebagai variabel kontrol dan lebih fokus pada penggunaan informasi keuangan yang dibutuhkan UMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98718

Actions (login required)

View Item View Item