Peran Ki Ageng Suryomentaram dalam pendidikan Taman Siswa di Yogyakarta masa pergerakan nasional (1922-1932) / Ade Zahwa - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran Ki Ageng Suryomentaram dalam pendidikan Taman Siswa di Yogyakarta masa pergerakan nasional (1922-1932) / Ade Zahwa

Zahwa, Ade (2019) Peran Ki Ageng Suryomentaram dalam pendidikan Taman Siswa di Yogyakarta masa pergerakan nasional (1922-1932) / Ade Zahwa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zahwa Ade. 2019. Peran Ki Ageng Suryomentaram Dalam Pendidikan Taman Siswa Di Yogyakarta Masa pergerakan Nasional (1922-1932) . Skripsi Program studi Ilmu Sejarah Jurusan sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Joko Sayono M.Pd M.Hum. Kata Kunci Peran Ki Ageng Suryomentaram Taman Siswa Ki Ageng Suryomentaram adalah seorang pemikir dari Jawa karyanya adalah Kawruh Jiwa. Putra dari Sri Sultan Hamengku Buwono ke VII. Setelah memberontak dan melepaskan jabatan pangerannya Ki Ageng Suryomentaram memimpin paguyuban Slasa Kliwon. Dalam perkumpulan ini Ki Ageng Suryomentaram bersama Ki Hajar Dewantara dan anggota paguyuban Slasa Kliwon membicarakan mengenai hal-hal yang dapat dilakukan untuk melepaskan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Pada tahun 1922 dalam perkumpulan ini disepakati pendirian sekolah Taman Siswa. Dengan alasan pembangunan jiwa bangsa melalui pendidikan adalah jalan yang paling dibutuhkan masyarakat pada masa itu untuk melepaskan diri dari jajahan bangsa asing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran Ki Ageng Suryomentaram dalam pendidikan Taman Siswa pada 1922-1932. Dengan pembahasan utama latar belakang kehidupan Ki Ageng Suryomentaram peran yang dilakukan oleh Ki Ageng Suryomentaram dalam pendidikan Taman Siswa pada masa pergerakan nasional dan kontribusi yang Ki Ageng Suryomentaram berikan untuk pendidikan dan ilmu pengetahuan khususnya di Taman Siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan bantuan teori peranan sosial. Adapun langkah-langkah yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Pemilihan Topik di dalamnya dijelaskan topik dipilih beserta keterangannya (2) Heuristik penjabaran sumber primer dan sumber sekunder yang peniliti gunakan (3) Kritik intern dan ekstern (4) Interpretasi dengan analisis dan sistesi dan (5) Historiografi bentuk penulisan yang akan dilakukan. Adapun hasil penelitian yang didapatkan bahwa (1) Ki Ageng Suryomentaram adalah putra Sri Sultan Hamengku Buwono VII yang memilih untuk melepaskan jabatan pangerannya bergabung dalam Slasa Kliwon Manggala Tiga Belas dan Kesatuan Rakyat Jelata penemuannya tentang jiwa dituliskan kedalam Kawruh Jiwa. (2) Ki Ageng Suryomentaram terlibat dalam pendirian Taman Siswa melalui paguyuban Slasa Kliwon dan menjadi guru orang tua pemikirannya mengenai pendidikan Taman Siswa dituangkan dalam naskah Unipersitit dan ceramah Kawruh Pamomong. (3) Kontribusi Tidak langsung Ki Ageng Suryomentaram adalah ilmiahnya Kawruh Jiwa yang menempatkannya menjadi salah seorang pemikir ilmiah yang mendirikan Taman Siswa pemikiran Ki Ageng Suryomentaram banyak digunakan oleh para peneliti dari dalam maupun luar negeri kontribusi langsungnya adalah pemikiran ilmiah Ki Ageng Suryomentaram dimasukkan kedalam rencana pembelajaran semester jurusan psikologi Univeritas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91485

Actions (login required)

View Item View Item