Perilaku kecanduan game online mobile legends dan PUBG pada kalangan mahasiswa Universitas Negeri Malang / Qomaruzzaman - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku kecanduan game online mobile legends dan PUBG pada kalangan mahasiswa Universitas Negeri Malang / Qomaruzzaman

Qomaruzzaman (2020) Perilaku kecanduan game online mobile legends dan PUBG pada kalangan mahasiswa Universitas Negeri Malang / Qomaruzzaman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Qomaruzzaman. 2019. Perilaku Kecanduan Game Online Mobile Legends dan PUBG pada Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Abdul Latif Bustami M.Si. Kata Kunci mahasiswa game online kecanduan Skripsi yang membahas tentang perilaku kecanduan game online mobile legends dan PUBG pada kalangan mahasiswa Universitas Negeri Malang. Salah satu bentuk hiburan baru dalam sebuah perangkat yang sudah menjadi barang wajib untuk berkomunikasi yaitu smartphone. Pada kalangan remaja khususnya mahasiswa dalam menyalurkan hobinya hal ini sudah menjadi hal biasa dan populer. Menggunakan kaca mata teori pilihan rasional orang-orang bertindak secara sengaja ke arah suatu tujuan dengan tujuan atau tindakan tersebut dibentuk oleh nilai atau pilihan (Coleman 1990b 13 dalam Ritzer 2012 759). Penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan beberapa hal yang yang mencakup pola perilaku motivasi bermain dan manfaat bermain game online mobile legends dan PUBG. Hasil dari penelitian ini ditemukan pertama ada dua kategori mahasiswa yaitu kecanduan dan belum kecanduan. Mahasiswa yang bermain game online mobile legends dan PUBG dapat ditemui di area Kampus Universitas Negeri Malang pada area fakultas area hotspot wi-fi gazebo area UKM dan area Kantin. Kedua motivasi mahasiswa bermain game online mobile legends dan PUBG karena pengaruh ajakan teman dan Iklan di Internet. Dalam hal ini pengaruh teman merupakan yang paling dominan terjadi dari setiap informan. Menurut perspektif teori pilihan rasional bahwa ajakan teman merupakan bagian dari tindakan kolektif kemudian merambat menjadi sebuah sistem baik itu terstruktur maupun tidak terstruktur. Ketiga pengaruh yang dapat dirasakan oleh setiap pemain game online mobile legends dan PUBG ada yang positif maupun yang negatif. Segi positifnya dapat mempersatukan relasi dengan pertemanan yang sama-sama bermain game online dengan menggunakan fasilitas voice chat di dalam game online tersebut dan segi negatifnya dapat mengganggu pada studi perkuliahan khususnya bagi mahasiswa yang kecanduan. Saran untuk penelitian ini agar mahasiswa yang masih bermain game online mobile legends dan PUBG agar dapat memposisikan dirinya dalam situasi dan kondisi yang tepat agar tidak mengganggu kepentingan yang lain. Peneliti selanjutnya disarankan agar mengkaji game online di luar lingkup kampus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91136

Actions (login required)

View Item View Item