Implementasi pembelajaran tematik di SDLB Panca Bhakti Magetan / Viki Kusuma Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran tematik di SDLB Panca Bhakti Magetan / Viki Kusuma Permatasari

Permatasari, Viki Kusuma (2019) Implementasi pembelajaran tematik di SDLB Panca Bhakti Magetan / Viki Kusuma Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permatasari Viki Kusuma. 2018. Implementasi Pembelajaran Tematik di SDLB Panca Bhakti Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr.Moh Efendi M.Pd M.Kes (II) Dr. Sulthoni M.Pd Pembelajaran tematik secara efektif akan membantu menciptakan kesempatan yang luas bagi siswa untuk melihat dan membangun konsep-konsep yang saling berkaitan. Dengan demikian pembelajaran ini memberikan kesempatan pada siswa untuk memahami masalah yang kompleks dengan cara pandang yang utuh. Dengan pembelajaran tematik ini diharapkan siswa memiliki kemampuan mengidentifikasi yang ada disekitarnya secara bermakna. Belajar akan lebih bermakna apabila peserta didik mengalami langsung apa yang dipelajarinya dengan mengaktifkan lebih banyak indera secara utuh daripada hanya mendengarkan penjelasan guru saja dan materi diberikan secara terpisah-pisah. Fokus perhatian dalam pembelajaran tematik terletak pada proses yang ditempuh siswa saat berusaha memahami isi pembelajaran sejalan dengan bentuk-bentuk keterampilan yang harus dikembangkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang 1)Perencanaan Pembelajaran Tematik di SDLB Panca Bhakti Magetan 2) Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di SDLB Panca Bhakti Magetan 3) Evaluasi Pembelajaran Tematik di SDLB Panca Bhakti Magetan 4) Hambatan dalam Pembelajaran Tematik di SDLB Panca Bhakti Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 6 guru kelas sebagai informan kunci dan kepala sekolah sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap perencanaan pembelajaran masih terlihat bervariasi. Belum semua RPP menggunakan model RPP tematik. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran tematik kegiatan pembelajaran di kelas sebagian besar belum menggunakan model pembelajaran tematik terlihat dalam penyampaian materi masih terpisah-pisah. Namun demikian ada pula yang sudah menggunakan model pembelajaran tematik. Pada tahap penilaian belum menggunakan model penilaian tematik. Penilaian hasil belajar yang dilaksanakan oleh semua guru adalah bentuk tes tertulis yang masih dilaksanakan secara terpisah sesuai dengan mata pelajaran tidak digabungkan dengan mata pelajaran lain yang berada dalam satu tema. Pada penilaian proses yang dilaksanakan hanya penilaian sikap. Hambatan yang ditemui guru adalah kurangnya sosialisasi mengenai pembelajaran tematik kurangnya sarana-prasarana serta buku pedoman guru dan buku pedoman siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam pelaksanaan pembelajaran tematik akan berjalan dengan optimal apabila didukung oleh beberapa hal diantaranya perencanaan pelaksanaan evaluasi sarana dan prasana yang memadai. Serta guru harus menguasai kemampuan profesional yang menguasai materi kurikulum secara luas dan mendalam serta mampu menyampaikannya secara mendalam serta mampu menyampaikannya kepada peserta didik berdasarkan teori-teori penyampainnya. Saran dari penelitian ini adalah (1) Dinas Pendidikan hendaknya mencetak buku pedoman penyusunan dan pelaksanaan pembelajaran tematik bagi guru. (2) Guru dapat belajar lebih banyak mengenai kurikulum ini melalui media-media yang sudah tersedia sehingga tidak mengalami kesulitan dalam pelaksanaan kurikulum. (3) Guru ikut melaksanakan penilaian mengenai kurikulum yang sedang dilaksanakan sehingga Dinas Pendidikan mengetahui hal-hal yang dibutuhkan oleh guru peserta didik dan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9113

Actions (login required)

View Item View Item