Pengembangan media pembelajaran M-Learning berbasis hybrid app dengan materi perang dunia II untuk kelas xi IPS 3 MAN 1 Lamongan / Ishom Ahmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran M-Learning berbasis hybrid app dengan materi perang dunia II untuk kelas xi IPS 3 MAN 1 Lamongan / Ishom Ahmad

Ahmadi, Ishom (2020) Pengembangan media pembelajaran M-Learning berbasis hybrid app dengan materi perang dunia II untuk kelas xi IPS 3 MAN 1 Lamongan / Ishom Ahmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ahmadi Ishom. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning berbasis Hybrid App pada Materi Perang Dunia II untuk Kelas XI IPS 3 MAN 1 Lamongan. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dewa Agung Gede Agung M.Hum. Kata Kunci media pembelajaran Mobile learning Perang Dunia II Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dikarenakan minimnya media pembelajaran di MAN 1 Lamongan hal ini diperkuat berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan yang peneliti sebarkan di MAN 1 Lamongan ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran sejarah. Pertama kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan kedua peserta didik kurang memahami materi posisi Indonesia dalam Perang Dunia II ketiga dibutuhkan media yang mengikuti zaman seperti penggunaan smartphone dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang baik adalah dapat digunakan oleh guru dalam memaksimalkan proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran sejarah bukan saja benda-benda atau dokumen peninggalan sejarah. Salah satu media yang dikembangkan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi sejarah kepada peserta didik adalah memaksimalkan smartphone yang telah dimiliki oleh mayoritas peserta didik Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk media pembelajaran mobile learning yang berisi materi tentang sejarah Perang Dunia II serta mengukur tingkat efektivitas media tersebut. Pengembangan mobile learning dilakukan melalui tahapan penelitian dan pengembangan prosedural Sugiyono (2017) yang terdiri dari 10 tahapan yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk serta (10) produksi massal. Media pembelajaran yang diproduksi pada penelitian dan pengembangan ini adalah media dengan konsep mobile learning. Dikembangkan menggunakan teknologi Hybrid App dengan format application package (.apk). Media mobile leraning memiliki berbagai fitur yakni (1) materi (2) Petunjuk Peggunaan (3) Kompetensi (4) foto serta video. Media mobile learning memiliki ukuran 10 megabyte. Produk akhir penelitian dan pengembangan ini adalah produk media pembelajaran mobile learning yang dikembangakan dengan aplikasi Hybrid App yang digunakan di smartphone peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpukan bahwa media mobile learning berisi materi Perang Dunia II sudah sangat efektif digunakan. Hal tersebut dibuktikan tahapan validasi desain pada tahap validasi materi memperoleh persentase sebesar 87% sedangkan tahap validasi media memperoleh persentase sebesar 89%. Hasil uji coba kelompok kecil media mobile learning memperoleh persentase sebesar 85% serta hasil uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 94%. Oleh karena itu produk media mobile learning disimpulkan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90993

Actions (login required)

View Item View Item