Peranan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sejarah di Kabupaten Sumenep / Faiq Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sejarah di Kabupaten Sumenep / Faiq Ramadhani

Ramadhani, Faiq (2020) Peranan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sejarah di Kabupaten Sumenep / Faiq Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ramadhani Faiq. 2019. Peranan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah di Kabupaten Sumenep. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd Kata Kunci peranan MGMP kompetensi pedagogik Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik perancangan dan pelaksanaan pembelajaran evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Melalui organisasi profesi guru dalam tingkat kabupaten yaitu MGMP diharapkan akan meningkatkan profesionalisme guru terutama dalam kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran yang bermutu sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kondisi kompetensi pedagogik guru Sejarah sebelum dan sesudah mengikuti MGMP Sejarah SMA Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MGMP Sejarah SMA Kabupaten Sumenep. Informan yang berjumlah 13 orang dalam penelitian ini yakni pengurus dan anggota MGMP Sejarah SMA Kabupaten Sumenep. Kegiatan analisis deskriptif yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Dalam mereduksi data peneliti berfokus pada kondisi kompetensi pedagogik guru sejarah sebelum mengikuti MGMP dan profesionalisme guru sejarahsetelah mengikuti MGMP. Penyajian data dalam bentuk narasi yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan penelitian Gambaran umum MGMP Sejarah Kabupaten Sumenep dibentuk atas latar belakang dari kesadaran guru sejarah dalam menunjang profesinya sebagai guru. Memiliki visi misi dan tujuan untuk mengatasi permasalahan guru yang ada di lapangan serta meningkatkan profesionalisme guru sebagai pengajar.Program kerjanya mencakup program pokok yang bertujuan meningkatkan efektivitas dalam pembelajaran serta pembuatan perangkat dan media pembelajaran serta program penunjang seperti lawatan sejarah yang bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan guru. Kondisi kompetensi pedagogik guru sejarah sebelum mengikuti MGMPkeadaanya (1). Metode pembelajaran yang kurang efektif dan efisien (2). Sulitnya mencari teman sesama guru untuk sharing tentang permasalahan di kelas dan (3).Perangkat pembelajaran tidak lengkap dan tidak selaras di setiap sekolah. Dilihat dari beberapa kondisi maka diperlukanya peranan MGMP untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Kabupaten Sumenep.Dalam perananya dalam meningkatkan kompetensi guru sejarah di Kabupaten Sumenep setelah mengikuti MGMP Sejarah SMA di Kabupaten Sumenep memiki beberapa hasil peningkatan seperti (1).Penerapan metode pembelajaran yang efektif dan efisien (2).Pendalam dan pengembangan materi sejarah (3). Peningkatan perangkat pembejaran (4) . Pembuatan bank dan perangkat soal. Sehingga bisa dari hasil dilihat bahwa guru sejarah anggota MGMP ada penigkatan kompetensi pedagogik setelah mengikuti MGMP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90988

Actions (login required)

View Item View Item