Persepsi siswa kelas XI MAN I Jombang terhadap pembelajaran sejarah sebagai pendidikan karakter / Faza Ali Profan - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa kelas XI MAN I Jombang terhadap pembelajaran sejarah sebagai pendidikan karakter / Faza Ali Profan

Profan, Faza Ali (2019) Persepsi siswa kelas XI MAN I Jombang terhadap pembelajaran sejarah sebagai pendidikan karakter / Faza Ali Profan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Profan Faza Ali. 2018. Persepsi Siswa Kelas XI MAN I Jombang terhadap Pembelajaran Sejarah sebagai Pendidikan Karakter. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Joko Sayono M.Pd M.Hum. Kata Kunci persepsi pembelajaran sejarah pendidikan karakter Sejarah merupakan matapelajaran yang penting dalam penerapan pendidikan karakter. Siswa mempunyai pendapat yang berbeda mengenai pembelajaran sejarah sebagai pendidikan karakter seperti matapelajaran sejarah yang cenderung yang membahas masa lampau menghafal angka tahun dan cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sejarah di kelas XI MAN I Jombang mendeskripsikan persepsi siswa kelas XI MAN I Jombang terhadap pembelajaran sejarah sebagai pendidikan karakter dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa kelas XI MAN I Jombang terhadap pembelajaran sejarah sebagai pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan latar alamiah. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Adapun teknik dalam pengumpulan data tersebut peneliti mangambil cara dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data kategorisasi dan sintesisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas XI MAN I Jombang terhadap pembelajaran sejarah baik. Pembelajaran sejarah oleh guru dilaksanakan dengan baik sesuai dengan Rancangan Program Pembelajaran. Penerapan pendidikan karakter oleh guru sejarah sudah dilaksanakan dengan baik. Pendidikan karakter tanamkan seperti sikap kejujuran tanggung jawab disiplin dan nasionalisme. Guru matapelajaran sejarah juga mampu untuk mengondisikan kelas saat pembelajaran sejarah berlangsung. Kegiatan pembelajaran sejarah tidak hanya terpaku pada buku melainkan siswa juga terlibat aktif dengan metode yang guru sejarah gunakan. Kesimpulan persepsi siswa kelas XI MAN I Jombang terhadap pembelajaran sejarah sebagai pendidikan karakter sudah baik meskipun beberapa siswa ada yang kurang paham mengenai pendidikan karakter. Berdasarkan hasil observasi peneliti respon siswa terhadap pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90969

Actions (login required)

View Item View Item