Gustap, Roy (2019) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas XI SMA Negeri 3 Blitar / Roy Gustap. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Gustap Roy. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 3 Blitar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (2) Drs. Marhadi Slamet Kristiyanto M.Si. Kata kunci problem based learning berpikir kreatif Kenyataan di lapangan saat ini berpikir kreatif masih menjadi masalah bagi sebagian peserta didik ditingkat SMA/MA dibuktikan dengan lemahnya kemampuan peserta didik dalam berpendapat dan mencari alternatif pemecahan masalah. Salah satu model pembelajaran yang bagus untuk meningkatkan berpikir kreatif peserta adalah model pembelajaran problem based learning. Keunggulan model pembelajaran PBL peserta didik diajak untuk belajar memecahan masalah dengan berbagai sudut pandang pandang (antar disiplin ilmu). Selain itu peserta didik diajak melakukan penyelidikan secara autentik sehingga lebih mudah dalam belajar karena ada permasalahan yang nyata. Sedangkan kekurangan model pembelajaran PBL membutuhkan waktu yang lama dan persiapan yang matang namun masalah tersebut dapat diatasi dengan cara guru mempersiapkan rancangan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yang termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Blitar dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 5 sebagai kelas kontrol. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah perlakuan pada kedua kelas. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal posttest yang terdiri dari 4 soal uraian. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Blitar. Berdasarkan hasil analisa menggunakan uji Independent t-test diperoleh nilai signifikan sebesar 0 035. Hasil ini kurang dari taraf signifikansi yaitu 0 050. Sehingga model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif. Saran yang dapat diberikan diharapkan memberi manfaat antara lain 1) sekolah disarankan menganjurkan kepada guru untuk menerapkan model problem based learning dalam pembelajaran 2) guru disarankan menerapkan model problem based learning sebagai alternatif pembelajaran dan untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik 3) peneliti lanjut yang berminat melakukan penelitian serupa dapat menambah variabel dalam penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/89909 |
Actions (login required)
View Item |