Kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di kantor kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo / Sastia Ainun Ningdyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di kantor kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo / Sastia Ainun Ningdyah

Ningdyah, Sastia Ainun (2020) Kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di kantor kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo / Sastia Ainun Ningdyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningdyah Sastia Ainun. 2019. Kualitas Pelayanan Publikter hadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Edi Suhartono S.H M.Pd (II) Rani Prita Prabawangi S.Hub. Int .M.Si. Kata Kunci kualitas pelayanan publik kepuasan masyarakat Membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan penyelenggara pelayanan publik merupakan kegiatan yang harus dilakukan seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga negara dan penduduk tentang peningkatan pelayanan publik sehingga penyelenggaraan pelayanan publik menjadi sorotan penting bagi masyarakat sebagai salah satu tolak ukur wujud dari kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas cepat mudah terjangkau dan terukur. Dengan disusunnya indeks kepuasan masyarakat dapat diketahui kualitas pelayanan publik dan unsur pelayanan publik yang perlu diperbaiki maupun ditingkatkan kualitasnya. Tidak terkecuali bagi Kantor Kecamatan Ponorogo untuk menyusun indeks kepuasan masyarakat sebagai tolak ukur benah diri dan evaluasi. Maka dari itu perlu disusun penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Kantor KecamatanPonorogo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) proses pelayanan publik yang diberikan Kantor KecamatanPonorogo (2) kualitas pelayanan publik Kantor Kecamatan Ponorogo apabila diukur melalui Indeks Kepuasan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan(mix methods). Data penelitian berupa angka hasil dari kuesioner dan diimbangi dengan data deskriptif berdasarkan hasilwawancara.Teknikanalisis data menggunakan Teknik analisis data model urutan pembuktiann(sequential explonatory). Sampel penelitian berjumlah 150 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Berdasarkan temuan penelitian proses pelayanan publik di Kantor Kecamatan Ponorogo telah sesuai dengan visi dan misi kantor tersebut. Kegiatan proses pelayanan kantor tersebut melayani permohonan penerbitan surat atau legalisasi surat. Kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Ponorogo berada pada kategori baik dengan nilai IKM sebesar 2 52 dan nilai konversi IKM sebesar 63 sehingga kantor ini termasuk dalam kategori baik pada mutu pelayanan. Saran bagi Kantor Kecamatan Ponorogo adalah dengan meningkatkan pelayanan pada unsur kejelasan petugas pelayanan dan kecepatan pelayanan. Hal tersebut dapat dibenahi dengan memberikan papan informasi mengenai alur proses pelayanan dan melakukan evaluasi bagi petugas pelayanan mengenai jam kerja di kantor tersebut. Karena dengan begitu masyarakat akan semakin nyaman ketika melakukan pengajuan pelayanan di Kantor Kecamatan Ponorogo

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/88549

Actions (login required)

View Item View Item