Paramita, Eka Lia (2018) Peningkatan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Metode Proyek pada kelompok B TK Kemala Bhayangkari 100 Ampeldento, Malang / Eka Lia Paramita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Paramita Eka Lia. 2018. Peningkatan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Metode Proyek pada kelompok B TK Kemala Bhayangkari 100 Ampeldento Malang. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd M.Pd. (II) Eny Nur Aisyah S.Pd.I M.Pd Kata kunci Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Kelompok B Metode Proyek Pembelajaran yang biasa dilakukan pada kelompok B TK Kemala Bhayangkari 100 Ampeldento Malang yakni mengajarkan bahasa tulis guru lebih aktif dalam pembelajaran yang mengakibatkan anak sulit belajar berbicara mengungkapkan pendapat untuk memecahkan suatu masalah sederhana ketika observasi dilakukan pembelajaran yang dilakukan diantaranya guru membacakan cerita dengan membawa teks cerita sehingga guru lebih berfokus pada teks pembelajaran menggunakan lembar kerja dan papan tulis sehingga anak bermain sendiri saat pembelajaran berlangsung dan kurang memperhatikan guru. Rumusan masalah penelitian ini ada 2 meliputi 1) Bagaimana penerapan metode proyek dalam meningkatkan kecerdasan verbal linguistik pada kelompok B d TK Kemala Bhayangkari 100 2) Apakah hasil penerapan metode proyek dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik kelompok B TK Kemala Bahayangkari 100 Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus dari Kemis dan Taggart. Subjek penelitian adalah 26 anak kelompok B1 di TK Kemala Bhayangkari 100 Ampeldento Pakis Malang yang terdiri 11 anak perempuan dan 15 anak laki-laki. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 4 teknik pengumpulan data yaitu observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi.Data yang terkumpul dari hasil penelitian di analisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif Hasil dari penelitian ini bahwa. pengggunaan metode proyek dilakukan melalui 4 tahap yaitu pra pengembangan pengembangan penutup dan evaluasi. Hal ini dapat dilihat dari persentase keberhasilan kelas pada pra tindakan sebesar 3% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 54% sedangkan pada siklus II persentase rata-rata keberhasilan kelas mencapai 87%. Pada siklus II ini penelitian sudah dapat dinyatakan tercapai hal ini dikarenakan persentase yang dicapai 8805 85%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan metode proyek TK dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik pada anak. Penggunaan metode proyek TK dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 100 Ampeldento Malang. Dengan demikian penulis menyarankan agar guru dapat menggunakan metode proyek ini sebagai metode yang digunakan untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8574 |
Actions (login required)
View Item |