Peningkatan kemampuan keaksaraan melalui permainan petak umpet kartu kata pada anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Segunung Mojokerto / Dita Nur Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan keaksaraan melalui permainan petak umpet kartu kata pada anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Segunung Mojokerto / Dita Nur Anggraeni

Anggraeni, Dita Nur (2018) Peningkatan kemampuan keaksaraan melalui permainan petak umpet kartu kata pada anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Segunung Mojokerto / Dita Nur Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Anggraeni Dita Nur. 2018. Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Melalui Permainan Petak Umpet Kartu Kata pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Segunung Mojokerto. Skripsi Prodi SI-Pendidikan Guru Pendidikan Anaka Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (II) Eny Nur Aisyah S.Pd.I M.Pd. Kata Kunci Anak Kelompok B Kemampuan Keaksaraan Kualitas Pembelajaran Permainan Petak Umpet Kartu Kata Latar belakang yang mendasari pelaksanaan penelitian adalah permasalahan terkait kemampuan keaksaraan anak kelompok B di TK Dharma Wanita Segunung Mojokerto yang belum teroptimalkan sesuai tahapan usianya. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik untuk anak dan belum sesuai dengan prinsip belajar anak yaitu belajar melalui bermain. Pembelajaran keaksaraan yang dilaksanakan di sekolah sering menggunakan LK buku kotak dan menulis di papan tulis sehingga anak menjadi kurang aktif antusias dan tertarik dalam mengenal keaksaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan permainan petak umpet kartu kata dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Segunung Mojokerto yang kedua apakah permainan petak umpet kartu kata dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak kelompok B di TK Dharma Wanita Segunung Mojokerto. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemis dan Taggart berbentuk spiral dari siklus satu ke siklus lainnya. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di TK Dharma Wanita Segunung Mojokerto. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Dharma Wanita Segunung Mojokerto dengan jumlah anak 18. Sumber data dari data primer yaitu anak. Jenis data yang digali dari data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Setelah anak belajar melalui permainan petak umpet kartu kata kualitas pembelajaran dan kemampuan keaksaraan anak mengalami peningkatan. Anak yang kondisi awalnya kurang memperhatikan pembelajaran menjadi antusias bersemangat dan ceria saat mengikuti pembelajaran menggunakan permainan tersebut. Kemampuan keaksaraan anak juga semakin meningkat dari kondisi awal anak yang belum dapat menyebutkan huruf alfabet dengan tepat mengenal bunyi huruf awal nama gambar dan penulisan nama gambar mengalami perubahan dan peningkatan melalui permainan petak umpet kartu kata. Hal ini terlihat dari ketercapaian kelas anak dari pratindakan sampai siklus II yang mengalami peningkatan. Pratindakan 33% siklus I 56% dan siklus II 89%. Berdasarkan keberhasilan yang dicapai pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan petak umpet kartu kata dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan keaksaraan anak kelompok B di TK Dharma Wanita Segunung Mojokerto. Melihat keberhasilan ini disarankan kepada lembaga dan guru agar dapat menerapkan permainan petak umpet kartu kata dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak. Kepada peneliti agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengembangkan permainan ini dan menambahkan inovasi agar kemampuan keaksaraan anak dapat meningkat lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8557

Actions (login required)

View Item View Item