Perbandingan penerapan model pembelajaran savi dengan model pembelajaran vak berbantuan audio visual pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika pada siswa kelas X Teknik Mekatronika SMKN 8 Malang / Duwy Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan penerapan model pembelajaran savi dengan model pembelajaran vak berbantuan audio visual pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika pada siswa kelas X Teknik Mekatronika SMKN 8 Malang / Duwy Susanti

Susanti, Duwy (2020) Perbandingan penerapan model pembelajaran savi dengan model pembelajaran vak berbantuan audio visual pengaruhnya terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika pada siswa kelas X Teknik Mekatronika SMKN 8 Malang / Duwy Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanti D. 2019. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Audio visual dengan Model Pembelajaran VAK Berbantuan Audio visual Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Pada Siswa Kelas X Teknik Mekatronika SMKN 8 Malang . Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elekto Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Setiadi C.P. M.Pd. M.T. (2) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) Model Somatic Auditory Visualization Intellectual (SAVI) Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Audio Visual Skripsi ini membahas tentang perbandingan penerapan model pembelajaran SAVI dibandingkan model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar DLE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi hasil belajar pengetahuan DLE karena pengaruh penerapan model SAVI berbantuan audio visual (2) deskripsi hasil belajar DLE karena pengaruh penerapan model SAVI berbantuan audio visual (3) deskripsi hasil belajar pengetahuan DLE karena pengaruh penerapan model VAK berbantuan audio visual (4) deskripsi hasil belajar keterampilan DLE karena pengaruh penerapan model VAK berbantuan audio visual (5) signifikansi perbedaan hasil belajar pengetahuan DLE antara kelas yang menerapkan model SAVI berbantuan audio visual dengan kelas yang menerapkan model VAK berbantuan audio visual dan (6) signifikansi perbedaan hasil belajar keterampilan DLE antara kelas yang menerapkan model SAVI berbantuan audio visual dengan kelas yang menerapkan model VAK berbantuan audio visual. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh yaitu teknik penentu sampel bila semua anggota populasi dijadikan sampel. Sampel penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 8 Malang program keahlian Teknik Mekatronikakelas X Mekatronika A dan X Mekatronika B. Penerapan perlakuan pada kelas A dan kelas B adalah sama mengenai materi ajar waktu tujuan pembelajaran dan media yang digunakan. Perbedaan hanya pada penerapan model yang digunakan. Kelas A menggunakan model SAVI dan kelas B menggunakan model VAK. Penerapan perlakuan penelitian pada kedua kelas akan dibandingkan dan dicari tingkat signifikansinya menggunakan uji hipotesis yaitu uji-t. Hasil penelitian ini yaitu (1) rata-rata hasil belajar pengetahuan DLE karena penerapan model SAVI berbantuan audio visual sebesar 87 44 sedangkan rata-rata hasil belajar pengetahuan DLE karena penerapan model VAK berbantuan audio visual sebesar 81 67 (2) rata-rata hasil belajar keterampilan DLE karena penerapan model SAVI berbantuan audio visual sebesar 86 77 sedangkan rata-rata hasil belajar keterampilan DLE karena penerapan model VAK berbantuan audio visual sebesar 80 75 (3) hasil uji hipotesis pertama nilai sig.2 tailed didapatkan sebesar 0 002 0 05 dan (4) hasil uji hipotesis kedua nilai sig.2 tailed didapatkan sebesar 0 000 0 05. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) rata-rata hasil belajar pengetahuan dan keterampilan DLE karena penerapan model SAVI berbantuan audio visual termasuk kategori pada sangat tinggi (2) rata-rata hasil belajar pengetahuan dan keterampilan DLE karena penerapan model SAVI berbantuan audio visual termasuk kategori pada tinggi (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar pengetahuan DLE antara kelas karena pengaruh penerapan model SAVI berbantuan audio visual dengan kelas karena pengaruh penerapan model VAK berbantuan audio visual dan (4) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar keterampilan DLE antara kelas karena pengaruh penerapan model SAVI berbantuan audio visual dengan kelas karena pengaruh penerapan model VAK berbantuan audio visual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/85431

Actions (login required)

View Item View Item