Pengembangan e-book pada mata pelajaran desain grafis percetakan kelas XI di Jurusan Multimedia SMKN 5 Malang / Hario Muttaqin Yuda Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-book pada mata pelajaran desain grafis percetakan kelas XI di Jurusan Multimedia SMKN 5 Malang / Hario Muttaqin Yuda Nugroho

Nugroho, Hario Muttaqin Yuda (2019) Pengembangan e-book pada mata pelajaran desain grafis percetakan kelas XI di Jurusan Multimedia SMKN 5 Malang / Hario Muttaqin Yuda Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nugroho Hario Muttaqin Yuda. 2018. Pengembangan E-book pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Kelas XI di Jurusan Multimedia SMKN 5 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Hary Suswanto S.T. M.T. (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci e-book desain grafis percetakan. Pengembangan ini didasari oleh media pembelajaran yang digunakan saat ini dinilai masih kurang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Kebanyakan peserta didik masih belum memahami pembelajaran yang diterapkan dengan menggunakan e-book yang ada saat ini dikarenakan media yang ada masih belum mencakup semua materi yang dibutuhkan dengan baik. Pengembangan ini digunakan pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan pada kelas XI di SMKN 5 Malang. Tujuan dari pengembangan ini adalah (1) untuk mengembangkan e-book sebagai penunjang kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Desan Grafis Percetakan kelas XI Multimedia di SMK Negeri 5 Malang (2) untuk meningkatkan penguasaan atau pemahaman peserta didik mengenai materi Desain Grafis Percetakan melalui e-book yang dikembangkan dan (3) untuk meningkatkan efisiensi media yang dikembangkan pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental dengan model pretest-posttest control group design dalam desainnya. Analisis data menggunakan model pengembangan e-book mengadobsi model 4D. Terdapat empat tahapan penting dalam model 4D yaitu (1) Define (2) Design (3) Development dan (4) Disseminate. Validasi media pembelajaran berupa e-book dilakukan oleh ahli materi dan ahli media uji skala kecil dan uji skala luas. Hasil rata-rata persentase validasi ahli media dan ahli materi sebesar 91 5% rata-rata persentase validasi media uji skala kecil sebesar 87 75% dan rata-rata persentase validasi uji skala luas sebesar 86 42%. Berdasarkan validasi yang diperoleh rata-rata persentase keseluruhan validasi media pembelajaran yang dikembangkan adalah 88 55%. Pada hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pre test dan post test dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 46 67% dan nilai rata-rata post test sebesar 88 09%. Hal ini menunjukkan bahwa e-book yang dikembangkan telah efisien untuk digunakn dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84945

Actions (login required)

View Item View Item